RICKI YUDHA SAPUTRA, 1742143228 (2018) STRATEGI PEMASARAN AGEN AJB BUMIPUTERA 1912 DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH BP-LINK SYARIAH (Studi Kasus AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Agen AJB Bumiputera 1912 Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Bp-Link Syariah” (Studi Kasus AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar)” Ditulis Oleh Ricki Yudha Saputra, NIM 1742143228, Pembimbing Oleh Nur Aziz Muslim, M. H. I Asuransi sebagai satu lembaga keuangan non-bank yang bergerak dalam bidang layanan jasa (sevice) yang akan membantu masyarakat mengatasi resiko yang terjadi dimasa datang. Dengan keadaan ekonomi yang cenderung mengalami penurunan yang mencolok tajam akibat pengaruh krisis ekonomi memberikan dampak buruk terhadap sektor-sektor rill perekonomian indonesia. Pertumbuhan dunia usaha khususnya asuransi merupakan salah satu bidang usaha yang sangat potensial untuk dikembangakan dimasa yang akan datang. Untuk menjadikan perusahaan asuransi yang kuat dan berkembang, maka perusahaan harus mempunyai langkah-langkah agar mampu bersaing dengan perusahaan pesaingnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimanakah strategi pemasaran yang digunakan agen AJB Bumiputera 1912 dalam mempertahankan loyalitas nasabah BP-link syariah, 2) Apakah faktor pendukung dan penghambat agen dalam mempertahankan loyalitas nasabah di AJB Bumiputera 1 912 BP-link syariah?. Penelitian ini termasuk penelitian studi lapangan yang bertujuan untuk mengetahui tentang strategi yang dilakukan dalam rangka mempertahankan loyalitas nasabah Bp-Link syariah. Dalam proses pelaksanaanya penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif yang memfokuskan kajianya pada strategi pemasaran yang dilakukan serta faktor pendukung dan penghambat loyalitas nasabah Bp-Link syariah. Data diambil dengan menggunakan metode wawancara dengan para informan “AJB Bumiputera 1 912”, observasi dan dokumentasi dilingkungan “AJB Bumiputera 1912”, selanjutnya data diolah kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terkait: 1. Strategi pemasaran agen AJB Bumiputera 1912 dalam mempertahankan loyalitas nasabah Bp-Link syariah, maka diperoleh kesimpulan yaitu: a. Memberikan servis yang memuaskan, b. Memberikan informasi secara berkala, c. Membangun hubungan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan), 2. faktor pendukung dan penghambat agen AJB Bumiputera 1912 dalam mempertahankan loyalitas nasabah Bp-Link syariah yaitu: a. Faktor pendukung, untuk kegiatan senin pagi adanya sosialisasi dan motivasi dari supervisor maupun dari pimpinan cabang, adanya kegiatan pelatihan-pelatihan bagi agen-agen baru maupun lama, adanya reward atau bonus tamabahan, dan kemajuan dalam teknologi, b. Faktor penghambat, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang asuransi syariah, nasabah susah ditagih, dan pandangan yang negatif terhadap asuransi syariah, adanya agen yang melakukan tindakan atau perilaku tidak sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang berlaku. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Agen, Loyalitas Nasabah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 1742143228 RICKI YUDHA SAPUTRA |
Date Deposited: | 05 Nov 2018 03:19 |
Last Modified: | 05 Nov 2018 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9766 |
Actions (login required)
View Item |