Peran Motivasi Orang Tua Terhadap Kesungguhan Belajar Anak (Studi Kasus di Desa Maron Kabupaten Blitar)

Nisak, Zahrotun (2011) Peran Motivasi Orang Tua Terhadap Kesungguhan Belajar Anak (Studi Kasus di Desa Maron Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
Cover Revisi.docx

Download (600kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (600kB)
[img] Text
BAB I Peran Motivasi Revisi.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB I Peran Motivasi.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II Peran Motivasi Revisi.docx

Download (83kB)
[img] Text
BAB II Peran Motivasi.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB III Peran Motivasi Revisi.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB III Peran Motivasi.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV Peran Motivasi Revisi.docx

Download (491kB)
[img] Text
BAB V Peran Motivasi.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB IV Peran Motivasi.docx

Download (489kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Motivasi Orang Tua, Kesungguhan Belajar Anak Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran orang tua sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak untuk memberikan motivasi kepada anaknya dalam rangka meningkatkan kesungguhan belajar anak. Anak dalam belajarnya harus selalu mendapat perhatian dan bimbingan dari orang tua. Orang tua harus memenuhi kebutuhan belajar anak dan selalu memberikan motivasi, kalau tidak maka akan sulit untuk membiasakan anak untuk belajar. Apalagi yang namanya anak, pasti akan lebih menyukai kegiatan seperti bermain, nonton tv atau hiburan daripada belajar. Oleh karena itu, peran orang tua disini sangat dibutuhkan untuk mendampingi dan memberikan motivasi pada anak agar mau belajar dengan sungguh-sungguh. Fokus penelitiannya adalah: (1) Bagaimana pola belajar anak di rumah di Desa Maron Kabupaten Blitar? (2) Apa saja bentuk-bentuk motivasi dalam lingkungan keluarga di Desa Maron Kabupaten Blitar? (3) Bagaimana peran motivasi orang tua terhadap kesungguhan belajar anak di Desa Maron Kabupaten Blitar? Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) Untuk mengetahui pola belajar anak di rumah di Desa Maron Kabupaten Blitar. (2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk motivasi dalam lingkungan keluarga di Desa Maron Kabupaten Blitar. (3) Untuk mengetahui peran motivasi orang tua terhadap kesungguhan belajar anak di Desa Maron Kabupaten Blitar. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di desa Maron Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrument sekaligus pengumpul data, oleh karena itu kehadiran peneliti menjadi suatu keharusan. Sumber data dalam penelitian ini (1) sumber data primer berupa pernyataan orang tua, anak yang merupakan subjek penelitian, dan (2) sumber data sekunder berupa wawancara dengan tetangga informan utama, hasil dokumentasi dan juga observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisanya menggunakan analisis data interaktif (interactive model) yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verivikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik; (1) memperpanjang keikutsertaan, (2) triangulasi, dan (3) pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian setelah diadakan analisis (1) Pola belajar anak di rumah di Desa Maron Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar dari masing-masing anak berbeda-beda, ada yang menyukai belajar dalam kondisi tenang atau sunyi, ada juga yang senang belajar dengan sambil melihat tv atau mendengarkan musik. Selain itu, ada sebagian anak yang sudah mempunyai kesadaran dalam belajar tanpa menunggu orang tua atau orang lain menyuruhnya untuk belajar; (2) Bentuk-bentuk motivasi yang diberikan orang tua untuk menumbuhkan semangat belajar anak di Desa Maron Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar adalah dengan memberikan fasilitas belajar yang lengkap, memberikan hadiah atau reward, menciptakan suasana dan kondisi belajar yang kondusif agar anak dapat belajar dengan tenang dan nyaman, dan senantiasa mengingatkan dan mendampingi anak dalam belajar, agar anak merasa diperhatikan dan disayangi orang tuanya. Selain itu, bentuk motivasi yang lain dengan memasukkan anak dalam lembaga bimbingan belajar juga bisa menumbuhkan semangat anak dalam belajar; (3) Peran motivasi orang tua terhadap kesungguhan belajar anak di Desa Maron Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar sangat penting. Dalam menumbuhkan semangat belajar bagi anak sehingga anak dapat melakukan kegiatan belajar dengan sungguh-sungguh sangat memerlukan motivasi dari orang tua. Untuk mewujudkan itu semua, yang tidak boleh ditinggalkan oleh orang tua bahwa orang tua harus bisa memahami keinginan dan kebutuhan belajar anak, sehingga motivasi yang diberikan akan bisa membangkitkan semangat anak dalam belajar karena motivasi yang diberikan tepat sasaran. Seperti anak ingin belajar dalam suasana yang sunyi atau sambil nonton tv, kebutuhan belajar yang lengkap, atau juga keinginan anak untuk didampingi dalam belajar atau ingin belajar sendiri. Semua itu harus bisa dipahami oleh orang tua agar anak bisa belajar dengan sungguh-sungguh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 03:48
Last Modified: 04 Feb 2015 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item View Item