PENGARUH KREATIFITAS GURU DAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MIN SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR

HANIATUS SHOLIKHAH, 1725143112 (2018) PENGARUH KREATIFITAS GURU DAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MIN SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kreatifitas Guru dan Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Fiqih di MIN Sumberjati Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Haniatus Sholikhah, NIM. 1725143112, Pembimbing, Dr. Sokip. M.Pd.I Kata Kunci: kreatifitas guru, penerapan media pembelajaran dan prestasi belajar siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rutinitas pembelajaran di sekolah bagi guru dan siswa yang bisa menjadikan sesuatu yang sangat membosankan bila tidak diantisipasi dengan berbagai hal. Salah satu cara untuk menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan, bagi guru maupun siswa adalah dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik dan dapat membangkitkan minat belajar siswa. Dari sinilah guru dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan pembelajaran. Apabila guru memiliki banyak ide untuk menyajikan pembelajaran yang menyenagkan bagi siswa, sudah pasti siswa akan bersemangat dan berminat dalam mengikuti pembelajaran dari seorang guru. Dengan demikian proses transfer ilmu pengetahuan akan berjalan dengan baik dan lancar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kreatifitas guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MIN Sumberjati Kademangan Blitar? (2) Adakah pengaruh penerapan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MIN Sumberjati Kademangan Blitar? (3) Adakah pengaruh kreativitas guru dan penerapan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MIN Sumberjati Kademangan Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreatifitas guru dan penerapan media pembelajaran terhadap prestasi siswa kelas IV pada mata pelajaran Fiqih di MIN Sumberjati Kademangan Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji regresi berganda. Pada analisis data menggunakan uji regresi berganda menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan kreatifitas guru (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2.647 > 2.009). Nilai signifikansi t untuk variabel kreatifitas guru adalah (0.011 < 0.05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahawa H1 diterima dan Ho ditolak. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan media pembelajaran (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (1.165 < 2.009). Nilai signifikansi t untuk variabel penerapan media pembelajaran adalah (0.250 > 0.05). Sehingga dalam penelitian ini menunjuukan bahwa H2 ditolak dan H o diterima. (3) Ada pengaruh kreatifitas guru (X1) dan penerapan media pembelajaran (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) kelas IV pada mata pelajaran Fiqih di MIN Sumberjati Kademangan Blitar. Hal ini dibuktikan dengan t hitung > ttabel (6.319 > 2.009). Sehingga dalam penelitian ini menunjukkan bahwa H3 diterima dan H0 ditolak

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143112 Haniatus Sholikhah
Date Deposited: 21 Nov 2018 04:15
Last Modified: 21 Nov 2018 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9828

Actions (login required)

View Item View Item