Frita Ika, Nurmaya, (2011) Pengaruh Penggunaan Mind Map dan Problem Solving dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
xvii Abstrak.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I Pendahuluan.docx Download (52kB) |
|
Text
Bab II Landasan Teori.docx Download (116kB) |
|
Text
BAB III Metode Penelitian.docx Download (106kB) |
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.docx Download (108kB) |
|
Text
BAB V Penutup.docx Download (16kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (20kB) |
Abstract
Kata kunci: Mind Map dan Problem Solving, Pemahaman Konsep Matematika. Sebagian siswa memiliki persepsi bahwa pelajaran matematika sulit dipelajari, kurang menyenangkan dan sulit menghafal rumus-rumus matematika. Hal ini dimungkinkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika diperlukan strategi pembelajaran yang tepat, yaitu model, metode dan media pembelajaran. Salah satu jenis metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika adalah mind map dan problem solving. Pada dasarnya pemahaman konsep berkaitan dengan proses kognitif seseorang dan proses kognitif sangat berkaitan dengan kinerja kedua belahan otak. Untuk itu diperlukan metode pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kinerja kedua belahan otak, yaitu mind map. Adapun problem solving merupakan pembelajaran yang mendorong siswa untuk menggunakan konsep yang telah dimiliki dalam pemecahan masalah. Sehingga dengan penggunaan mind map dan problem solving secara integrasi dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: (1) Apakah penggunaan mind map dan problem solving berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Tulungagung tahun ajaran 2011/2012? (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan mind map dan problem solving berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Tulungagung tahun ajaran 2011/2012? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan mind map dan problem solving berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Tulungagung tahun ajaran 2011/2012 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan mind map dan problem solving berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Tulungagung tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 38 siswa. Instrumen penelitian berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t pihak kanan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test kelas VII G sebesar 73,26316 dan rata-rata nilai post-test kelas VII G sebesar 87,26316. Berdasarkan hasil uji statistik yang diterapkan dalam penelitian ini diperoleh sebesar 1,690924 dan pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk = 37 yaitu sebesar 1,6879. Hal ini menunjukkan bahwa Merujuk pada hasil analisis data dan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan mind map dan problem solving berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tulungagung. Adapun besarnya pengaruh penggunaan mind map dan problem solving berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tulungagung adalah sebesar 19,1092%. Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut, maka dikemukakan saran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika, guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan mind map dan problem solving.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 04:08 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/984 |
Actions (login required)
View Item |