PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 3 TULUNGAGUNG

MASDAIN RIFAI, 1724143153 (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Masdain Rifai, Nim. 1724143153. Jurusan Tadris Matematika, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Miswanto, M. Pd. Kata Kunci : TGT, NHT, Motivasi dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias siswa terhadap mata pelajaran matematika serta kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi-inovasi baru dalam pengajaran. Inovasi-inovasi yang digunakan peneliti adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT) dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Teams games tournament (TGT) dengan numbered head together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi bangun datar segiempat dan segitiga siswa kelas VII MTs Negeri 3 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui model pembelajaran mana yang lebih efektif digunakan terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi bangun datar segiempat dan segitiga siswa kelas VII MTs Negeri 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Tulungagung yang berjumlah 266 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling, dengan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen 2. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1) tes, 2) angket, 3) observasi, dan 4) dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan tes yang berupas post test untuk mengukur hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan. Instrumen soal sebelum digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validasi dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan uji MANOVA yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya perbedaan model pembelajaran Teams games tournament (TGT) dengan numbered head together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi bangun datar segiempat dan segitiga siswa kelas VII MTs Negeri 3 Tulungagung. Hal iniberdasarkan perhitungan uji MANOVA, diperoleh F sebesar 6,471 dan memiliki taraf Sig. 0,003 < 0,05 sehingga diterima dan ditolak. 2) Model pembelajaran Teams games tournament (TGT) lebih efektif digunakan terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi bangun datar segiempat dan segitiga siswa kelas VII MTs Negeri 3 Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji MANOVA, diperoleh rata-rata motivasi belajar 95,54 dan rata rata hasil belajar siswa adalah 87,81 sehingga diterima dan ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143153 MASDAIN RIFAI
Date Deposited: 22 Nov 2018 06:58
Last Modified: 22 Nov 2018 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9847

Actions (login required)

View Item View Item