PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 6 TULUNGAGUNG

RIA ANJAR OKTAVIANASARI, 1725143242 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MIN 6 Tulungagung” yang ditulis oleh Ria Anjar Oktavianasari, NIM. 1725143242, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Susanto, M.Or. Kata Kunci: Metode Diskusi, Kedisiplinan, Hasil Belajar. Pendidikan dan pembelajaran diharapkan dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab serta mampu mengantisipasi masa depan. Mengingat sangat pentingnya pendidikan dan pembelajaran itu bagi peserta didik, maka metode pembelajaran harus dilaksanakan sebaik-baiknya sehingga dapat memperoleh hasil yang diharapkan sekolah. Kedisiplinan sangat penting untuk menumbuhkan sikap patuh dan taat siswa. Seorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di sekolahnya, dan setiap siswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolahnya. Dengan disiplin yang terarah dapat menghindarkan diri dari rasa malas dan menimbulkan kegairahan siswa dalam belajar, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya kemampuan belajar siswa. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang penaruh metode pembelajaran diskusi dan kedisiplinan terhadap hasil belajar peserta didik yang peneliti khususkan pada mata pelajaran fiqih. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas V di MIN 6 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas V di MIN 6 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh metode pembelajaran diskusi dan kedisiplinan terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas V di MIN 6 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas V di MIN 6 Tulungagung (2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas V di MIN 6 Tulungagung (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi dan kedisiplinan terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas V di MIN 6 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I sampai kelas VI MIN 6 Tulungagung yang berjumlah 340 peserta didik. Dengan menggunakan teknik puposive sampling, didapatkan sampel yakni siswa kelas V-A dan V-B yang berjumlah 35 peserta didik. Sedangkan metode dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitaif yang diambil dari nilai pre test dan post test dengan rumus product moment dengan analisis SPSS 16.0. xxi Hasil Penelitian setelah diadakan analisis adalah ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran diskusi dan kedisiplinan terhadap hasil belajar Fiqih yang dibuktikan dari nilai angket kelas eksperimen (1781) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (1733) untuk variabel angket, sedangkan untuk variabel tes (0,3306 > 0,468). Nilai signifikansi t untuk variabel tes adalah sebesar 0.002 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0.002 < 0,05), sehingga dalam pengujian ini bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran diskusi dan kedisiplinan dengan hasil belajar Fiqih peserta didik di MIN 6 Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143242 RIA ANJAR OKTAVIANASARI
Date Deposited: 10 Dec 2018 06:16
Last Modified: 10 Dec 2018 06:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9878

Actions (login required)

View Item View Item