ANI FATUNIDA, 1725143021 (2018) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MI NURUL ULUM PARAKAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (7MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (129kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter siswa di MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek” ini ditulis oleh Ani Fatunida, NIM 172543021, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph,D. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena-fenomena yang terjadi mengenai masalah penyimpangan perilaku sosial pada diri anak bangsa yang menyebabkan adanya krisis karakter. Pendidikan karakter sangatlah dibutuhkan guna meminimalisir karakter-karakter negatif dalam diri anak. Salah satu kegiatan yang menerapkan pendidikan karakter yaitu ekstrakurikuler pramuka. ekstrakurikuler pramuka melalui kegiatannya berupaya untuk membina karakter siswa agar siswa memiliki karakter yang baik dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa melalui PBB, upacara dan perjalanan lintas alam di MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek, (2) Mengetahui hambatan-hambatan dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek Peneletian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tekhnik yang digunakan yaitu tehknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berlokasi di MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kegiatan ekstrakurikuler pramuka merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa kelas empat dan lima. Adapun tujuan diadakan kegiatan pramuka di MI Nurul Ulum adalah untuk membentuk karakter siswa melalui kegiatan-kegiatannya. Peran kegiatan pramuka dalam membentuk karakter siswa yaitu: Pertama, upacara membentuk nilai disiplin, tanggung jawab. Kedua, permainan membentuk karakter kekompakan dan kerja sama. Ketiga, jelajah alam membentuk karakter cinta alam, yang bertujuan agar siswa mampu mengenal alam dengan baik. (2) hambatan-hambatan dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pramuka ini terbagai menjadi hambatan secara internal dan eksternal. Hambatan internalnya yaitu karakter siswa yang berbeda-beda sehingga setiap siswa memiliki minat yang berbeda pula, sedangakan hambatan eksternalnya yaitu faktor cuaca dan faktor dana. Beberapa tinadakan yang dilakukan Pembina dan pihak madrasah dalam meminimalisir hambatan-hambatan tersebut yaitu mengadakan kerjasama dengan wali murid, memaksimalkan kegiatan yang tertinggal yang disebabkan faktor cuaca, dan memaksimalkan dana yang ada agar kegiatan pramuka tetap berjalan. Kata kunci : kegiatan ekstrakurikuler pramuka, karakter
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143021 ANI FATUNIDA |
Date Deposited: | 21 Dec 2018 00:53 |
Last Modified: | 21 Dec 2018 00:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9905 |
Actions (login required)
View Item |