HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDI AL MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG

FAUZIA NUR FADILLA, 1725143098 (2018) HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDI AL MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Kedisiplinan dan Motivasi Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung”, ini ditulis oleh Fauzia Nur Fadilla. NIM. 1725143098. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Arina Shofiya,M. Pd. Kata Kunci: Kedisiplinan, Motivasi Peserta Didik, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa kedisiplinan dan motivasi siswa dapat mempengaruhi tingkah laku dan proses belajar siswa. Khusunya pada mata pelajaran matematika, yang terdiri dari kumpulan konsep-konsep, mulai dari yang mendasar hingga ke konsep yang lebih tinggi. Dalam mempelajari matematika harus berurutan dan berkesinambungan, karena matematika merupakan satu kesatuan antara konsep yang satu dengan konsep yang lainya saling berkaitan. Maka dari itu peran kedisiplinan dan motivasi peserta didik merupakan salah satu faktor untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kedisiplinan dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung. 2) Motivasi Peserta didik dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung. 3) Kedisiplinan dan motivasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDI Al Ma’arif Gendingan. Sebagai sampel yaitu kelas V sebanyak 33 siswa. Dalam penelitian ini digunakan teknik dokumentasi dan angket atau kuesioner. Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan sekolah, populasi, sampel, profil madrasah. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pendapat siswa tentang kedisiplinan dan motivasi peserta didik dalam mata pelajaran matematika. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan signifikan antara kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan oleh uji t yaitu t hitung (2,392) > t tabel (1,694) dengan taraf 5%. (2) Tidak ada hubungan signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan oleh t hitung (1,257) < t tabel (1,694) dengan taraf 5%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dan motivasi peserta didik secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan nilai F hitung (4,191) > F tabel (3,32) dengan taraf 5%. Variabel kedisiplinan dan motivasi peserta didik memberikan sumbangan efektif sebesar 21,8% xvii sedangkan 78,2% dipengaruhi oeh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143098 FAUZIA NUR FADILLA
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:20
Last Modified: 04 Jan 2019 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9973

Actions (login required)

View Item View Item