Wahid, Dain (2012) Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kwalitas Materi Fiqih di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungangung. [ Skripsi ]
Text
BAB 1.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB 2.docx Download (71kB) |
|
Text
BAB 3.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB 4.docx Download (91kB) |
|
Text
BAB 5.doc Download (41kB) |
|
Text
Cover dan Daftar isi.docx Download (268kB) |
|
Text
Rujukan.docx Download (20kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Metode Domonstrasi, Peningkatan Kwualitas. Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah keyataan bahwa pengetahuan dan kebiasaan pada siswa siswi Madrasah Stanawiyah Negeri Tunggangri yang belum dapat melaksanakan ibadah sholat dengan benar, padahal itu semu berada dalam materi pelajaran Fiqih. Peneliti dapat menyimpulkan demikian, karena peneliti melaksanakan kegiatan PPL di Madrasah Stanawiyah tunggangri dan menjumpai siswa dan siswi yang belum dapat menjalankan ibadah sholat dengan benar. Dalam rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana persiapan implementasi Metode Demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung ? (2) Bagaimana langkah-langkah implementasi Metode Demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung ? (3) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1) Untuk memahami bagaimana persiapan implementasi Metode Demontrasi dalam meningkatkan kwualitas materi fiqih di MTsN Tungggangri Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk memahami bagaimana langkah-langkah implementasi Metode Demonstrasi dalam meningkatkan kwualiatas materi fiqih di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. 3) Untuk memahami bagaimana penerapan implementasi metode demonstrasi dalam meningkatkan kwualitas materi pelajaran fiqih di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan ilmu teoritis yang telah diterima di bangku kuliah, dengan di terapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti dapat menganalisa, dan mengumpulkan hasil data yang ada, sehingga mengetahui penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MTsN Tunggangri. Bagi almamater, hasil penilaian ini dapat dijadikan bijakan atau masukan dalam rangkan penyempurnaan penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MTsN Tunggangri untuk tahun-tahun berikutnya yang lebih baik. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu di analisis secara induktif. Setelah penulisan mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa: 1) dengan adanya persiapan dalam meningkatkan pembelajaran dengan metode demonstrasi di MTsN Tunggangri Kalidawir, ada beberapa hasil yaitu: (a) Terciptanya motifasi siswa untuk belajar dengan adanya demonstrasi yang menartik. (b) Tersedianya bahan dan materi pembelajaran. (c) Adanya persiapan baik dari guru atau siswa tentang materi yang akan dibahas. (d) Terarahnya dari materi yang akan diajarkan. 2) dengan adanya langkah-langkah metode demonstrasi dalam meningkatkan kualitas materi fiqih siswa di MTsN Tunggangri, ada beberapa hasil yaitu: (a) Tercapainya tujuan dari materi yang akan diajarkan. (b) guru dan siswa akan lebih mengenal materi yang akan diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi. 3) Dengan adanya pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan kualitas materi fiqih di MTsN Tunggangri, ada beberapa hasil yaitu: (a) Siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. (b) Guru lebih mudah mengontrol dan dapat membedakan mana siswa yang disiplin dalam belajaranya dan mana siswa yang kurang mamperhatikan tindakan dan perbuatan siswa disaat berlanngsungnya pengajaran.4) dengan adanya penilaian metode demonstrasi dalam meningkatkan pembelejaran Fiqih di MTsN Tunggangri, ada beberapa hasil yaitu: (a) Adanya unpan balik kepada guru sebai dasar untuk memperbaiki proses bejar mengajar. (b) Dapat mennentukan siswa dalam situasi belajar mengajar yang tepat. (c) Dapat mengenal latar belakang (psikologis, fisik dan lingkungan) siswa yang mengalami kesulitan belajar yang hasilnya akan dapat digunakan sebagai dasar dalam memecahkan kesulitan tersebut. Dari penelitian itu, ada beberapa tahap yang harus di lewati dalam menggunakan metode demonstrasi, yakni persiapan, pelaksanaan dan juga pelaksanaan penilaian, yang mana semua itu berpengaruh pada penguasaan siswa dalam kegiatan sehari-hari terkait materi fiqih.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 07:13 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 07:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1017 |
Actions (login required)
View Item |