ARINA DWI NIHAYATUL MA’RIFAH, 1721143063 (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA DI SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (506kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (423kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (179kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Nilai-nilai Keagamaan Siswa Di SMK PGRI 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Arina Dwi Nihayatul Ma’rifah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, NIM: 1721143063 Tahun 2018 dibimbing oleh Dr. H. Zaini Fasya, M.Pd.I. Kata Kunci : Upaya guru, Pendidikan Agama Islam (PAI), Nilai-nilai Keagamaan, Siswa. Penelitian dilatar belakangi oleh adanya fenomena kurangnya pengaplikasian ilmu pendidikan agama anak dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu guru berperan mengembangkan nilai-nilai keagamaan, terlebih dalam hal ibadah, berakhlakul karimah, dan sikap toleransi. Dalam hal ini penulis mendiskripsikan upaya guru dalam mengembangkan sikap keberagamaan siswa di SMK PGRI 3 Tulungagung. Fokus penelitian: 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan Ibadah siswa di SMK PGRI 3 Tulungagung. 2) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan Akhlakul Kharimah siswa di SMK PGRI 3 Tulungagung. 3) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan Sikap Toleransi siswa di SMK PGRI 3 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan Ibadah siswa di SMK PGRI 3 Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan Akhlakul Karimah siswa di SMK PGRI 3 Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan Sikap Toleransi siswa di SMK PGRI 3 Tulungagung. Metode penelitian: 1) Pendekatan: kualitatif, jenis penelitian: deskriptif. 2) Lokasi penelitian di SMK PGRI 3 Tulungagung. 3). Kehadiran peneliti: peneliti hadir di lokasi di SMK PGRI 3 Tulungagung. 4) Sumber Data: a) Data primer: Guru Pendidikan Agama Islam, siswa. b) Data skunder: dokumentasi, serta arsip-arsip penting lainya. 5) Prosedur Pengumpulan Data: Observasi, wawancara, dan dokumentasi, 6) Tehnik Analisis Data: reduksi data, display atau sajian data, dan verifikasi/ penyimpulan data 7) Pengecekan keabsahan temuan: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/ keajegan pengamat, dan trianggulasi. 8) Tahab-tahap Penelitian: tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahab analisa data, tahap pelaporan. Hasil penelitian: 1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan Ibadah siswa di SMK PGRI 3 Tulungagung adalah, menerapkan metode sesuai dalam kegiatan pembelajaran, memberikan nasehat dan masukan pada siswa, membaca doa dan hafalan surat pendek, praktek ibadah langsung, kerjasama dengan orang tua. 2) Upaya upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan Akhlakul Kharimah siswa di SMK PGRI 3 Tulungagung adalah,kerjasama dengan orang tua siswa, menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan tentram. 3) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan Sikap Toleransi siswa di SMK PGRI 3 Tulungagung adalah, kerjasama dengan orang tua siswa, memberikan kebebasan kepada siswa beda agama dalam pembelajaran pendidikan agama islam, bekerjasama kepada siswa yang berbeda agama dalam pembelajaran dan bertoleransi di sekolah dan di rumah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143063 ARINA DWI NIHAYATUL MA’RIFAH |
Date Deposited: | 12 Feb 2019 04:21 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 04:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10174 |
Actions (login required)
View Item |