UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SMPN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

UMI HANIK, 1721143405 (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SMPN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Umi Hanik, NIM 1721143405, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh DR.H. Muwahid Shulhan M.Ag. Kata Kunci: Upaya Guru, Pembelajaran Efektif Konteks penelitian dalam skripsi ini adalah dalam proses pembelajaran, tidak hanya guru yang yang aktif, akan tetapi siswa juga dituntut aktif dalam memberikan umpan balik terhadap guru secara positif supaya keefektifan dalam proses pembelajaran dapat terwujud. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana metode pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan pembelajaran efektif di SMPN 1 Kedungwaru? (2) Bagaimana kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam dalam pemilihan media pembelajaran untuk mewujudkan pembelajaran efektif di SMPN 1 Kedungwaru? (3) Bagaiamana kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemilihan Sumber Belajar di SMPN 1 Kedungwaru? Metodologi penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, serta menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Untuk analisis data, penulis menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah (1) Metode pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan pembelajaran efektif di SMPN 1 Kedungwaru adalah penggunaan multi metode. Adapun metode yang digunakan adalah metode ceramah, metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode diskusi, metode kerja kelompok, dan metode studi kasus. Metode-metode tersebut dikombinasikan untuk menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan, serta disesuaikan dengan materi yang diajarkan, dan situasi/kondisi kelas (2) Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam memanfaatkan media pembelajaran dalam mewujudkan pembelajaran efektif di SMPN 1 Kedungwaru adalah penggunaan multimedia. Adapun media pembelajaran yang sudah dipakai guru pendidikan agama Islam dalam pemilihan media pembelajaran adalah media gambar, papan tulis, modul, LCD proyektor serta media elektronika lainnya seperti laptop maupun handphone. (3) Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemilihan Sumber Belajar untuk mewujudkan pembelajaran efektif di SMPN 1 Kedungwaru adalah pemanfaatan buku paket dan modul, serta memanfaatkan internet dan wifi yang telah disediakan oleh pihak sekolah

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143405 UMI HANIK
Date Deposited: 27 Feb 2019 03:58
Last Modified: 27 Feb 2019 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10250

Actions (login required)

View Item View Item