KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ULUM TULUNGAGUNG

AHMAD RIZA PAHLEVI, 2811133021 (2019) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ULUM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (398kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Kepribadian Guru dalam Membentuk karakter Siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Riza Pahlevi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, NIM: 2811133021 Tahun 2019 dibimbing oleh Dr. H. Zaini Fasya, M.Pd.I. Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian Guru, Karakter Siswa. Penelitian dalam skripsi dilatar belakangi oleh adanya fenomena kurangnya perhatian mengenai kompetensi kepribadian guru. Oleh karena itu dipandang perlu adanya usaha untuk menggali berbagai ilmu yang berkaitan dengan kompetensi guru. Dalam hal ini penulis menggali data terkait tingkat kompetensi kepribadian guru yang ada di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung dalam rangka membentuk karakter siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Guru sebagai pribadi yang Arif dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung?., 2) Bagaimana Guru sebagai pribadi yang Berwibawa dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung?., 3) Bagaimana Guru sebagai pribadi yang memberikan Suri Tauladan dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Guru sebagai pribadi yang Arif dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung., 2) Untuk mendeskripsikan Guru sebagai pribadi yang berwibawa dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung., 3) Untuk mendeskripsikan Guru sebagai pribadi yang menjadi suri teladan dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah : Guru sebagai pribadi yang Arif dalam menghadapi siswa yakni dengan senantiasa memiliki sikap terbuka, objektif, serta dengan memiliki kedewasaan bersikap dan kematangan berfikir. Pada kompetensi kepribadian bahwa guru sebagai pribadi yang Berwibawa ditunjukkan dengan memiliki etos kerja yang tinggi, kompeten, dan berpenampilan sesuai dengan kode etik sebagai seorang pendidik serta mengupayakan diri menjadi inovator, organisator, dan transformator bagi siswa. Pada kompetensi kepribadian bahwa guru sebagai pribadi yang menjadi Suri Tauladan ditunjukkan dengan selalu menjaga perkataan, sikap, perilaku, dan tindakannya, serta mengajak siswa untuk melakukan hal-hal yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133021 AHMAD RIZA PAHLEVI
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:26
Last Modified: 01 Mar 2019 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10275

Actions (login required)

View Item View Item