SITI KUSNUL KHOTIMAH, 17201153124 (2019) UPAYA GURU AL-QURAN HADITS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QURAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (773kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (169kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (102kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Kusnul Khotimah, NIM. 17201153124, Tahun 2019, Upaya Guru Al Quran Hadits dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Quran Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag, M.Pd. Kata kunci: Upaya Guru Al-Quran Hadits, Minat Baca Al-Quran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Quran yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini masih banyak anak-anak dan remaja muslim yang kurang mampu dan kurang minat dalam membaca Al-Quran. Sehingga masih banyak sekali anak-anak lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf Al-Quran. Sudah menjadi tanggung jawab orang tua dan sekolah untuk membimbing mereka, terlebih lagi seorang guru Al-Quran Hadits tentu akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan minat membaca Al-Quran pada siswanya, sehingga nanti akan tercipta generasi-genarasi yang mencintai Al-Quran. Maka, peneliti tertarik untuk meneliti upaya guru Al Quran Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Quran di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pendekatan guru Al-Quran Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung? (2) Bagaimana metode guru Al-Quran Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan Guru Al-Quran Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek dari penelitian ini adalah guru Al-Quran Hadits, siswa dan waka kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan penulis dengan menggunakan Model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, upaya guru Al-Quran Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung, diantaranya: (1) pendekatan untuk meningkatkan minat baca Al Quran siswa dengan menggunakan pendekatan individu dan pemberian motivasi terhadap anak didiknya, (2) metode untuk meningkatkan minat baca Al-Quran dengan menggunakan metode membaca Al-Quran secara privat, melakukan pembiasaan membaca Al-Quran sebelum pembelajaran dimulai dan guru memberikan contoh tauladan yang baik, (3) hambatan dalam meningkatkan minat baca Al-Quran siswa antara lain: siswa yang tidak mengenal huruf arab, kurangnya motivasi, kedisiplinan siswa, keadaan lingkungan keluarga dan keadaan lingkungan masyarakat. Untuk mengatasi hambatan tersebut, pihaksekolah maupun guru Al-Quran Hadits memberikan solusi, diantaranya adalah dengan memberikan gambaran manfaat serta pelestarian membaca Al-Quran, melalui kegiatan rapat kepala sekoalah selalu menghimbau guru untuk selalu mendampingi dan membimbing siswanya dalam belajar membaca Al-Quran, adanya program tahfidz Al-Quran dan ekstrakurikuler Qiroah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153124 SITI KUSNUL KHOTIMAH |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 02:10 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 02:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10423 |
Actions (login required)
View Item |