YAUMA TRIN SUNDA, 17201153421 (2019) PENGARUH METODE THORIQOTY TERHADAP KETEPATAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SDI NURUL HIDAYAH REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (278kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (139kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (67kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama: Yauma Trin Sunda, NIM, 17201153421, “Pengaruh Metode Thoriqoty terhadap Ketepatan Membaca Al-Qur’an Siswa SDI Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi 2018, Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam, Instittut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing, Dr.Ahmad Tanzeh M.Pd.I. NIP. 196912061999031 003 Kata Kunci: Metode Thoriqoty, Ketepatan Membaca Al-Qur’an Latar Belakang: Banyak anak yang belum mampu membaca dengan baik dan benar, mereka menyepelekan akan kebenaran terhadap dasar-dasar membaca ayat-ayat al-qur’an serta tidak memperhatikan pengajaran yang dilaksanakan dikelas. Hal ini mengakibatkan siswa sulit membaca al-qur’an dengn benar dan tepat. Maka sebagai pendidik yang berinovasi menggunakan sebuah metode pembelajaran yang baik. Salah satunya metode thoriqoty yaitu sebuah metode yang berprinsip pada tiga komponen yang meliputi metode pembelajaran, manajemen Toriqoty, dan guru yang bersertifikat Thoriqoty. Rumusan Masalah: 1. Bagaimanakah pengaruh metode thoriqoty terhadap ketepatan makhorijul huruf al-qur’an siswa SDI Nurul Hidayah Rejotanagan Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? 2. Bagaimanakah pengaruh metode Thoriqoty terhadap Ketepatan tajwid al-qur’an siswa SDI Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? 3. Bagaimanakah pengaruh secara bersama metode thoriqoty terhadap ketepatan membaca al-qur’an siswa SDI Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh metode thoriqoty terhadap ketepatan makhorijul huruf al-qur’an siswa SDI Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 2. Untuk mengetahui pengaruh metode thoriqoty terhadap ketepatan tajwid al-qur’an siswa SDI Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 3. Untuk mengetahui pengaruh secara bersama metode thoriqoty terhadap ketepatan membaca al-qur’an siswa SDI Nurul Hidayh Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 Rancangan penelitian: kuantitatif dengan populasi seluruh siswa SDI Nurul Hidayah Rejotangan tahun 2018/2019, yang terdiri dari 171 siswa. Dengan teknik Proportionate stratified random sampling diperoleh sampel 73 siswa. Sumber data primer. Teknik pengumpulan data: angket, teknik analisis data: uji validitas,reliabilitas,normalitas,regresi linier sederhana dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 18.0 Hasil penelitian: 1. Ada pengruh metode thoriqoty terhadap ketepatan makhorijul huruf al-qur’an siswa SDI Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan uji regresi linier besar kontribusi pengaruh metode thoriqoty terhadap ketepatan makhorijul huruf sebesar 60,9 %, R2 = 0,609;β = 0,780; p < 0,01. 2. Ada pengaruh metode thoryqoty terhadap ketepatan tajwid al-qur’an siswa SDI Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Dengan uji regresi sederhana besar kontribusi pengaruh metode thoriqoty terhadap ketepatan tajwid qur’an sebesar 51,6 % , R2 = 0,516 ;β = 0,718 ; p < 0,0. 3. Ada pengaruh secara bersama metode thoriqoty terhadap ketepatan membaca al-qur’an siswa SDI Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Dengan uji manova menunjukkan efek multivariet berdasarkan Wilk’s Lamda menunjukkan bahwa ada pengaruh makhorijul huruf dan tajwid qur’an secara signifikan ditinjau dari metode thoriqoty, f = 5,963; p < 0,05. Dengan menggunakan tes univariat ada perbedaan makhorijul huruf yang signifikan ditinjau dari metode thoriqoty, f = 12,164; p< 0,05. Serta, ada perbedaan tajwid qur’an ditinjau dari metode thoriqoty, f = 7,143; p<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506194065 YAUMA TRIN SUNDA |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 07:39 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 07:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10482 |
Actions (login required)
View Item |