ZILDA ARISFATUL ISNAINI, 17204153178 (2019) PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF SISWA KELAS VIII MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (694kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (531kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (370kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (313kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Kemampuan Penalaran Induktif Siswa Kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Ditinjau Dari Kemampuan Matematika” ini ditulis oleh Zilda Arisfatul Isnaini, NIM 172041531 78, pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci: Penalaran Induktif, Kemampuan Matematika, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV), Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika di sekolah masih terpusat pada guru sehingga siswa kurang terlibat aktif saat pelajaran maupun saat mengerjakan soal matematika. ketika diberikan soal cerita pada materi SPLDV siswa masih bingung dan bertanya kepada guru cara mengerjakan menggunakan rumus apa, tanpa mencermati dan menalar soal tersebut. Untuk menumbuhkan kemampuan penalaran induktif diperlukan pembelajaran yang dapat memberikan dorongan siswa untuk menyampaikan pengetahuannya, dapat mengarahkan siswa pada materi yang di ajarkan, dan mengembangkan ide atau gagasan matematikanya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil penalaran induktif matematika kelas VIII MTs AlHuda Bandung dalam menyelesaikan masalah SPLDV siswa berkemampuan: (1) tinggi, (2) sedang, (3) rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang di ambil yaitu kelas VIII-D, dalam penggumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Metode tes untuk memperoleh data tentang penalaran induktif peserta didik dalam menyelesaiakn materi Sistem Persamaan Iinier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII-D MTs Al-Huda Bandung, berdasarkan indikator dari masing-masing penalaran induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penalaran induktif siswa berkemampuan: (1) Tinggi. Siswa mampu memahami dan menyajikan pernyataan secara tertulis, lisan maupun tulisan. Siswa mampu menyusun bukti, alasan terhadap kebenaran solusi, mampu manipulasi matematika untuk mendapatakan jawaban yang benar dan mampu menarik kesimpulan dari pernyataan secara khusus ke umum yang mengakibatkan siswa dapat menyelesaikan soal dengan tepat, (2) Sedang. Siswa mampu memahami, menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, lisan dan tulisan, mampu menyusun bukti, alasan terhadap kebenaran solusi, mampu melakukan manipulasi matematika untuk mendapatakan jawaban yang benar. Hal tersebut mengakibatkan siswa menyelesaikan soal dengan kurang tepat karena dalam menarik kesimpulan dari pernyataan secara khusus ke umum belum terpenuhi, (3) Rendah. Siswa mampu memahami, menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, lisan maupun tulisan. Siswa belum mencapai dalam menyusun bukti terhadap kebenaran solusi. Siswa belum mencapai dalam memanipulasi matematika untuk mendapatakan jawaban yang benar sehingga siswa belum mampu menarik kesimpulan dari pernyataan secara khusus ke umum
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153178 ZILDA ARISFATUL ISNAINI |
Date Deposited: | 29 Apr 2019 04:36 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 04:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10599 |
Actions (login required)
View Item |