JAUHARIYATUL UMAH, 17201153044 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU FIQIH TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (636kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (402kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ pengaruh kompetensi profesional guru Fiqih terhadap minat dan prestasi belajar siswa di MAN 1 Tulungagung”, ini ditulis oleh Jauhariyatul Umah, NIM 17201153044. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh H. Abdullah Chakim, S. Ag., M. Pd, NIP. 197301071998031003. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Minat Belajar, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kompetensi guru Fiqih dapat mempengaruhi minat serta prestasi belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kompetensi profesional guru Fiqih terhadap minat serta prestasi belajar siswa di MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru Fiqih terhadap minat belajar siswa di MAN 1 Tulungagung, 2) untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru Fiqih terhadap prestasi belajar siswa di MAN 1 Tulungagung, 3) untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru Fiqih terhadap minat dan prestasi belajar siswa di MAN 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI di MAN 1 Tulungagung, yang terdiri dari 312 siswa. Dengan tehnik proportionate stratified random sampling diperoleh dari sampel 69 siswa. Variabel bebas kompetensi profesional guru Fiqih. Variabel terikat: minat belajar dan prestasi belajar siswa di MAN 1 Tulungagung. Sumber data responden dan dokumen.Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi, teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linearitas, regresi sederhana dan manova. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru Fiqih terhadap minat belajar siswa di MAN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p value / signifikansi t untuk minat belajar siswa adalah 0,003 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada 0,05 (0,003< 0,05), sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H1 diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa di MAN 1 Tulungagung dengan kontribusi atau sumbangan kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa sebesar 12,4%. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru Fiqih terhadap prestasi belajar siswa di MAN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p value / signifikansi t untuk prestasi belajar siswa adalah 0,024 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada 0,05 (0,024 < 0,05) ), sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H1 diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa di MAN 1 Tulungagung dengan kontribusi atau sumbangan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 07,4% .3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru Fiqih terhadap minat dan prestasi belajar siswa di MAN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p value / signifikansi t untuk minat dan prestasi belajar siswa adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari (0,000 < 0,05).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd 17201153044 Jauhariyatul Umah |
Date Deposited: | 10 May 2019 02:24 |
Last Modified: | 10 May 2019 02:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10740 |
Actions (login required)
View Item |