RIZKA NAFIDATUL FAJRIYAH, 17201153048 (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AKIDAH AKHLAK DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (857kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak di MAN Kota Bitar” ini ditulis oleh Rizka Nafidatul Fajriyah, NIM. 17201153048. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto, M. Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Kompetensi Kepribadian Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas kompetensi yang dimiliki. Upaya yang dilakukan tersebut salah satunya adalah pengembangan kompetensi kepribadian. Guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar mengalami berbagai hambatan dalam melakukan upaya pengembangan kompetensi kepribadian. Maka berdasarkan hambatan tersebut guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar memerlukan strategi yang tepat untuk mengahadapi hambatan tersebut. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengembangan kompetensi kepribadian mantab dan stabil guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar? (2) Bagaimana strategi pengembangan kompetensi kepribadian wibawa guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar? (3) Bagaimana strategi pengembangan kompetensi kepribadian teladan guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar? Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi pengembangan kompetensi kepribadian mantab dan stabil guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan strategi pengembangan kompetensi kepribadian wibawa guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan strategi pengembangan kompetensi kepribadian teladan guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapaun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, menggunakan bahan referensi dan memberchcek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengembangan kompetensi kepribadian mantab dan stabil guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar dilakukan dengan memantabkan dan menstabilkan emosional, pengendalian diri, penataan tempat duduk guru, dan mengatur waktu. Memantabkan dan menstabilkan emosional guru dilakukan dengan berusaha untuk mengingat dalil di dalam Al-Qur’an dan Hadits, pengendalian diri dilakukan dengan berusaha menahan diri untuk berbuat buruk, penataan tempat duduk guru yang diatur sesuai dengan rumpun mata pelajaran yang diampu, dan mengatur waktu dilakukan dengan mencari waktu luang sebisa mungkin agar guru dapat mengikuti kegiatan dengan seksama. (2) Strategi pengembangan kompetensi kepribadian wibawa guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar dilakukan dengan pembawaan diri dan penguasaan diri. Pembawaan diri dilakukan dengan berusaha untuk membawa diri dengan sebaik-baiknya dimanapun dan dalam situasi apapun, sedangkan menguasai diri dilakukan dengan terus belajar, mendalami dan mengembangkan wawasan agar bekal dalam diri cukup sehingga mampu menguasai diri. (3) Strategi pengembangan kompetensi kepribadian teladan guru Akidah Akhlak di MAN Kota Blitar dilakukan dengan memberi contoh dalam bentuk tindakan yang nyata, menanamkan pendidikan karakter, dan berbuat baik berdasarkan ajaran agama. Memberi contoh dalam tindakan yang nyata dilakukan guru Akidah Akhlak dengan memberi contoh langsung atau nyata kepada siswa serta ikut andil dalam kegiatan siswa, menanamkan pendidikan karakter dilakukan dengan menanamkan dalam diri guru dan siswa nilai-nilai pendidikan karakter, dan berbuat baik berdasarkan ajaran agama dilakukan guru Akidah Akhlak dengan bersikap sesuai dalil Al-Qur’an dan Hadits sesuai perintah agama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153048 RIZKA NAFIDATUL FAJRIYAH |
Date Deposited: | 07 May 2019 02:32 |
Last Modified: | 07 May 2019 02:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10792 |
Actions (login required)
View Item |