PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SITUATION BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X PADA MATERI PROGRAM LINEAR DUA VARIABEL DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK TAHUN AKADEMIK 2018/2019

TSANIA AL’AFIFAH, 17204153273 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SITUATION BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X PADA MATERI PROGRAM LINEAR DUA VARIABEL DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK TAHUN AKADEMIK 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning Terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Program Linear Dua Variabel Kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Akademik 201 8/2019” ini ditulis oleh Tsania Al’afifah, NIM. 17204153273, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Situation Based Learning, Motivasi, Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini juga dilatarbelakangi oleh salah satu faktor penting belajar yaitu motivasi belajar sehingga siswa dapat belajar secara mandiri jika memilikinya. Peneliti menerapkan model pembelajaran Situation Based Learning sebagai upaya untuk menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Situation Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi program linear dua variabel kelas X di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Situation Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi program linear dua variabel kelas X di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Situation Based Learning terhadap motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada materi program linear dua variabel kelas X di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek tahun akademik 2018/2019. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling. Kelas X APK 1 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model Situation Based Learning. Kelas X APK 2 terpilih sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1 ) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Situation Based Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada materi program linear dua variabel di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai = 12,111 > = 1,910. (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Situation Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi program linear dua variabel di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,050,05 nilai sebesar 199,47 > = 1,910. (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Situation Based Learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi program linear dua variabel di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153273 TSANIA AL’AFIFAH
Date Deposited: 08 May 2019 03:55
Last Modified: 08 May 2019 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10810

Actions (login required)

View Item View Item