STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TARBIYYATUL QUR’AN AL-MANNAN TULUNGAGUNG

NUR UTAMI NINGTYAS, 17201153355 (2019) STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TARBIYYATUL QUR’AN AL-MANNAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca AlQur’an Santri di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Qur’an Al-Mannan Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Utami Ningtyas. NIM. 17201153355. jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Fathul Mujib, M. Ag. Kata Kunci: Strategi, Kelancaran dan Kefasihan membaca, Al-Qur’an. Terampil dalam membaca Al-qur’an menjadi kemampuan paling dasar yang harus dikuasai oleh santri di suatu lembaga pendidikan islam. Langkah awal untuk lebih mendalami Al-Qur’an adalah dengan cara mampu membacanya dengan lancar dan fasih. Maka dengan demikian, strategi dan cara dalam membaca Al-Qur’an harus diperhatikan agar hasilnya sesuai dengan tujuan membaca Al-Qur’an yaitu bernilai ibadah. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti termotivasi untuk mengdakan penelitian dan hasilnya dituangkan dalam Skripsi dengan judul Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Qur’an AlMannan Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi peningkatan kelancaran membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Qur’an Al-Mannan Tulungagung? (2) Bagaimana strategi peningkatan kefasihan membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Qur’an Al-Mannan Tulungagung? (3) Bagaimana hasil dari strategi peningkatan kelancaran dan kefasihan membaca Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Qur’an AlMannan Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan strategi peningkatan kelancaran membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Qur’an Al-Mannan Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan strategi peningkatan kefasihan membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Qur’an Al-Mannan Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan hasil dari strategi peningkatan kelancaran dan kefasihan membaca Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Qur’an Al-Mannan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Strategi peningkatan kelancaran membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Qur’an AlMannan Tulungagung. a) Strategi peningkatan kelancaran membaca Al-Qur’an terbagi menjadi dua yaitu Binnadhor dan Bilghoib. b) Lembaga menetapkan jadwal kegiatan membaca Al-Qur’an Santri yaitu kegiatan rutin harian, mingguan dan bulanan berupa murojaah dan sema’an. (2) Strategi peningkatan kefasihan membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Qur’an Al-Mannan Tulungagung yaitu: a) Lembaga menekankan santri untuk mampu memahami ilmu tajwid dengan baik dan benar, b) pendampingan oleh senior yang berfungsi untuk menjaga kualitas bacaan santri, c) Santri harus mengikuti sekolah khusus tajwid dan makharijul huruf, d) Metode tahsin dan tahsis saat muroj’ah dan sema’an. (3) Hasil dari strategi peningkatan kelancaran dan kefasihan membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Qur’an Al-Mannan Tulungagung yaitu: a) Membaca dan menghafal Al-Qur’an bernilai sebagai ibadah dan mendapat pahala, b) Membaca dengan tartil, fasih, baik dan benar serta terhindar dari kesalahan saat membaca ALQur’an, c) Membantu santri dalam proses pembelajaran dan hafalan Al-Qur’an, d) prestasi saat mengikuti lomba MMQ dan MHQ.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153355 NUR UTAMI NINGTYAS
Date Deposited: 14 May 2019 02:45
Last Modified: 14 May 2019 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10891

Actions (login required)

View Item View Item