CHOIRUN NISAK, 17201153071 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN PEDULI LINGKUNGAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (834kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (246kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (578kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (194kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial dan Peduli Lingkungan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Choirun Nisak, NIM. 17201153071 . Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd., NIP. 19810801 200912 1 004 Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Peduli Sosial, Peduli Lingkungan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya krisis karakter yang dihadapi saat ini. Hal ini dapat terlihat dari mulai memudarnya budaya bertegur sapa dan sopan santun serta kurangnya kepedulian untuk membantu sesama. Sementara itu, krisis karakter juga ditunjukkan dengan adanya berbagai pencemaran dan eksploitasi lingkungan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga membawa dampak buruk bagi kehidupan. Oleh karena itu, penting adanya pembinaan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan bagi peserta didik melalui implementasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan di sekolah. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan berbasis kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar (2) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan berbasis budaya sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar (3) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan berbasis masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian: (1) Implementasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan berbasis kelas melalui pengintegrasian nilai-nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkungan dalam pembelajaran, pengelolaan kelas, penggunaan metode pembelajaran yang mendorong peserta didik aktif mengikuti pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran (2) Implementasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan berbasis budaya sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar melalui beberapa kegiatan, antara lain: kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, kegiatan ekstrakurikuler, dan gerakan literasi sekolah (3) Implementasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan berbasis masyarakat melalui keterlibatan orang tua peserta didik dalam mendukung program yang berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan, pelaksanaan bakti sosial ke daerah yang kurang mampu, seminar pendidikan karakter, pelaksanaan sosialisasi, pembinaan budidaya tanaman lokal unggulan, dan kunjungan wisata. Kegiatankegiatan tersebut diimplementasikan melalui kerja sama yang dijalin oleh sekolah dengan masyarakat, baik secara perseorangan maupun lembaga
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153071 CHOIRUN NISAK |
Date Deposited: | 13 May 2019 02:54 |
Last Modified: | 13 May 2019 02:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10964 |
Actions (login required)
View Item |