PENGARUH MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 1 REJOTANGAN

DIANA KUMALA SARI, 17204153034 (2019) PENGARUH MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (530kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Collaborative Problem Solving Terhadap Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Kelas VII SMP Negeri 1 Rejotangan” ini ditulis oleh Diana Kumala Sari, NIM. 17204153034, pembimbing Dr. Eni Setyowati. S.Pd., M.M. Kata kunci: Model Collaborative Problem Solving, Hasil Belajar, Minat Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada keberhasilan proses pembelajaran. Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru menyebabkan siswa kurang aktif. Siswa yang hanya mendengarkan materi dari guru cenderung cepat bosan dengan pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Sehingga memicu siswa kurang kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika dan juga memicu hasil belajar siswa yang kurang optimal. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang inofatif. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model Collaborative Problem Solving terhadap hasil dan minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rejotangan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh model Collaborative Problem Solving terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan kelas VII SMP Negeri 1 Rejotangan. 2) mengetahui pengaruh model Collaborative Problem Solving terhadap minat belajar matematika siswa pada materi pecahan kelas VII SMP Negeri 1 Rejotangan. 3) mengetahui pengaruh model Collaborative Problem Solving terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika siswa pada materi pecahan kelas VII SMP Negeri 1 Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Rejotangan tahun ajaran 2018/2019. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Cluster Random Sampling, dengan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh model Collaborative Problem Solving terhadap hasil belajar matematika siswa materi pecahan kelas VII SMPN 1 Rejotangan dengan nilai signifikansi sebesar 0,020 0,05. (2) Terdapat pengaruh model Collaborative Problem Solving terhadap minat belajar matematika siswa materi pecahan kelas VII SMPN 1 Rejotangan dengan nilai signifikansi sebesar 0,041 0,05. (3) Terdapat pengaruh model Collaborative Problem Solving terhadap hasil dan minat belajar matematika siswa materi pecahan kelas VII SMPN 1 Rejotangan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pada Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root pada Effect faktor dan diperoleh kesuluruhan data yang sama yaitu nilai signifikansi sebesar 0,021 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153034 DIANA KUMALA SARI
Date Deposited: 13 May 2019 06:21
Last Modified: 30 Mar 2020 06:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

View Item View Item