STRATEGI PEMBINAAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SMPIT DAARUSSALAM TULUNGAGUNG

INTAN PUTRI PRATAMA, 17201153061 (2019) STRATEGI PEMBINAAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SMPIT DAARUSSALAM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (649kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Pembentukan Karakter di SMPIT Daarussalam Tulungagung”, ditulis oleh Intan Putri Pratama, NIM. 17201153061. Pembimbing : Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata Kunci : startegi, pembinaan, kedisiplinan, karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena, bahwa banyaknya aturan-aturan yang diterapkan oleh lembaga pendidikan sebagai kunci kesuksesan bersama serta terbentuknya karakter yang baik pada diri generasi bangsa. Terutama dalam mengatasi perilaku indisipliner yang dilakukan oleh peserta didik. Penerapan aturan-aturan yang diterapkan oleh lembaga pendidikan SMPIT Daarussalam Tulungagung sebagai kunci kesuksesan dengan strategi pembinaan kedisiplinan peserta didik yang berawal dari pembiasaan, kemudian adanya ketegasan dan sanksi atas pelanggaran-pelanggaran tata tertib sekolah, serta peserta didik harus patuh dan mengindahkan perintah dari pendidik agar kedisiplinan itu bisa terealisasikan. SMPIT Daarussalam Tulungagung membentuk dan mempengaruhi perilaku peserta didik yaitu melalui pendidikan karakter. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pembinaan kedisiplinan peserta didik terhadap proses pembentukan karakter di SMPIT Daarussalam Tulungagung, sehingga penelitian ini berjalan sukses. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Strategi pengorganisasian pembinaan kedisiplinan peserta didik dalam pembentukan karakter di SMPIT Daarussalam Tulungagung? 2) Strategi penyampaian pembinaan kedisiplinan peserta didik dalam pembentukan karakter di SMPIT Daarussalam Tulungagung? 3) Strategi pengelolaan pembinaan kedisisplinan peserta didik dalam pembentukan karakter di SMPIT Daarussalam Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk karakter peserta didik melalui pembinaan kedisiplinan di SMPIT Daarussalam Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi lembaga SMPIT Daarissalam Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para pendidik SMPIT Daarussalam Tulungagung sebagai dasar untuk melakukan pembinaan kedisiplinan dalam pembentukan karakter peserta didik. Bagi peserta didik SMPIT Daarussalam Tulungagung, sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki perilaku disiplin peserta didik. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berrati bagi peneliti lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif, Penelitian kualitataif berdasarkan fenomena yang ada, peneliti sebagai instrument utama, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pegumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ketiganya merupakan komponen yang tidak bisa terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Dalam menetapkan keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Dan untuk mencapi tujuan tersebut diadakan penelitian di lapangan. Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi pengorganisasian pembinaan kedisiplinan dilakukan dan dipertanggungjawabkan oleh seluruh elemen sekolah baik kepala sekolah, guru BP, guru mata pelajaran dan orang tua peserta didik. 2) Strategi penyampaian pembinaan kedisiplinan melalui metode pendekatan, metode pembiasaan dengan cara dipaksa, terpaksa, dan akhirnya terbiasa, serta menggunakan metode ceramah. 3) Strategi pengelolaan pembinaan kedisiplinan melalui sosialisasi setiap awal tahun ajaran baru, evaluasi setiap hari sabtu oleh para pendidik, dan paguyuban dengan orang tua peserta didik satu bulan sekali. Jika didalam kelas pengelolaan pembinaan kedisiplinan diserahkan kepada ketua kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153061 INTAN PUTRI PRATAMA
Date Deposited: 20 May 2019 03:09
Last Modified: 14 Aug 2019 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11270

Actions (login required)

View Item View Item