BETY KARINA WATI, 17206153005 (2019) PENERAPAN PENGAJARAN METODE BILINGUAL PADA KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 3-4 TAHUN (Studi Kasus Dikelas Kelompok Bermain PAUD HappyFeet Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (528kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (507kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (118kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (280kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul”Penerapan Pengajaran Metode Bilingual Pada Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia 3-4 Tahun Studi Kasus Dikelas Kelompok Bermain PAUD HappyFeet Tulungagung” ini ditulis oleh Bety Karina Wati, NIM. 17206153005, Pembimbing Dr. Hj. Luluk ‘Attirotu Zahro, M.Pd. Kata Kunci : Metode bilingual, Bahasa Inggris pada anak, Anak usia dini. TK Bilingual & KB Bilingual HappyFeet merupakan lembaga pendidikan yang didirikan oleh ketua yayasan putra-putri hebat Yimy, ST. Lembaga Pendidikan HappyFeet merupakan sekolah yang terletak di Kelurahan Kampung dalem, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Lembaga pendidikan HappyFeet merupakan sekolah berbasis bilingual yaitu menggunakan dua bahasa dalam percakapan maupun dalam proses pembelajaran di sekolah. Sekolah yang berdiri sejak 5 tahun yang lalu tersebut, telah memiliki izin operasional dinas pendidikan Tulungagung dengan NPSN 69959575 status sekolah HappyFeet adalah sekolah swasta . Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran metode bilingual kelas kelompok bermain PAUD HappyFeet Tulungagung (2) Bagaimana perkembangan bahasa Inggris di kelas kelompok bermain PAUD HappyFeet Tulungagung (3) Apasajakah Faktor yang mempengaruhi penerapan metode bilingual kelas kelompok bermain PAUD HappyFeet. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran metode bilingual di kelas kelompok bermain HappyFeet. (2) untuk mengetahui perkembangan bahasa Inggris anak di kelas kelompok bermain HappyFeet. (3)Untuk mengetahui fakor yang mempengaruhi penerapan metode bilingual di kelas kelompok bermain HappyFeet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dalam pembahasan peneliti menggunakan jenis teknik pendekatan studi kasus. Studi kasus merupakan pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan untuk memahami suatu isu atau permasalahan dengan menggunakan suatu kasus. Jenis penelitian studi kasus yang digunakan adalah studi kasus Instrumen tunggal yaitu peneliti mengkaji satu isu yang menarik dan menggunakan kasus tersebut sebagai sarana untuk menggambarkannya secara terperinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan Perpanjangan keabsahan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Langkah pembelajaran penerapan metode bilingual di kelas kelompok bermain HappyFeet menggunakan rencana rancangan pelaksanaan pembelajaran harian serta metode pembelajaran yang menyenangkan dalam setiap kegiatan belajar mengajarnya. (2) Perkembangan bahasa Inggris peserta didik HappyFeet mengalami peningkatan karena pembiasaan penggunaan dua bahasa serta kosa kata yang baru setiap harinya. (3) Faktor yang mempengaruhi perkembangan bilingual peserta didik HappyFeet adalah Bahasa ibu, Interaksi sosial, Fonem, latar belakang keluarga, media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206153005 BETY KARINA WATI |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 01:47 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 01:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11385 |
Actions (login required)
View Item |