DIYANA MAJIDATUL MARWA, 17209153001 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS THINKING SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI IPS KELAS VIII MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (810kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (826kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (375kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (455kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (746kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (417kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (400kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry berbasis Thinking skill Terhadap Hasil Belajar Materi IPS kelas VIII MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Diyana Majidatul Marwa, NIM 17209153001, dosen pembimbing Dr. agus Porwowidodo, M. Pd. Kata Kunci : Thinking Skill, Inquiry berbasis Thinking Skill, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum menunjukkan kemampuan thinkingskill. Pembahasan materi IPS juga sangat luas maka siswa harus memiliki kemampuan thinking skill yang berarti berpikir kritis dan kreatif untuk menghadapi masalah dalam mengerjakan tugas dalam meningkatkan hasil belajar atau malah menyelesaikan masalah yang ada pada diri dan lingkungan. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar maka guru dapat menggunakan pendekatan dengan metode pembelajaran inquiry berbasis thinking skill. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS antara yang menggunakan metode pembelajaran inquiry berbasis thinking skill dan konvensional, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran inquiry berbasis thinkimg skill terhadap hasil belajar, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh metode pembelajaran inquiry berbasis thinking skill terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Dengan model pembelajaran inquiry berbasis thinking skill sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Penenlitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VIII-H sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 38 siswa dan kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode posttest uji t-test. Dan penghitungan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh. Hasil penelian menunjukkan bahwa ; (1) hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran inquiry berbasis thinking skill rata-rata 80,91 diatas KKM lebih baik dari metode pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran inquiry berbasis thinking skill terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai t_(hitung ) = 6,57 dan t_(tabel )pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,65 sehingga nilai nilai t_(hitung )> t_(tabel ), (3) besarnya pengaruh metode pembelajaran inquiry berbasis thinking skill terhadap hasil belajar sebesar 91,9% yang mana presentase tersebut tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | Diyana Majidatul Marwa |
Date Deposited: | 17 May 2019 03:44 |
Last Modified: | 29 Mar 2020 12:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11458 |
Actions (login required)
View Item |