LUTFI FADILATUL BHARIROH, 17201153121 (2019) STRATEGI USTADZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QURAN PADA SANTRI TPQ DARUSSALAM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (238kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (423kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (205kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (190kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Ustadz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Quran pada Santri TPQ Darussalam Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfi Fadilatul Bhariroh, NIM. 17201153121, pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. NIP. 19721127 199703 2 001 Kata kunci: Strategi, Motivasi Belajar, Membaca Al-Quran Ketertarikan peneliti mengambil judul skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa keberhasilan belajar sangat dipengaruhi oleh motivasi. Dalam proses belajar mengajar motivasi merupakan masalah yang sangat penting dan syarat mutlak dalam belajar. Banyak bakat anak didik yang tidak berkembang karena tidak diperoleh motivasi yang tepat. Terlebih dalam masyarakat muslim Indonesia di desa dan perkotaan dengan mudah di jumpai anak-anak remaja muslim yang belum mampu membaca Al Quran. Padahal Al Quran diakui sebagai kitab sucinya dan menjadi pedoman hidup sehari-hari. Banyak anak-anak yang lebih disibukkan dengan sekolahnya serta kegiatan lainnya, sehingga banyak sekali anak-anak lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al Quran. Para orang tua lebih senang anak-anaknya ikut les matematika, Bahasa Inggris atau penunjang pelajaran mereka di sekolah dibandingkan belajar baca Al Quran. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterprestasikan tentang (1) perencanaan strategi ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran pada santri TPQ Darussalam Tulungagung (2) pelaksanaan strategi ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran pada santri TPQ Darussalam Tulungagung (3) dampak strategi ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran pada santri TPQ Darussalam Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah di TPQ Darussalam Tulungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan strategi ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran pada santri TPQ Darussalam Tulungagung meliputi kompetensi guru yang mumpuni, pemilihan metode pembelajaran yang efektif dan efisien dan sarana prasarana yang memadai. (2) pelaksanaan strategi ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran pada santri TPQ Darussalam Tulungagung adalah penerapan metode pembelajaran yang tepat dengan menerapkan metode pembelajaran Ummi, pemberian nasehat dan reward kepada santri dan kreatifitasan guru dalam mengolah kelas. (3) dampak strategi ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Quran pada santri TPQ Darussalam Tulungagung meliputi meningkatkan prestasi belajar, menumbuhkan akhlak terpuji dan menumbuhkan semangat dalam menuntut ilmu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153121 LUTFI FADILATUL BHARIROH |
Date Deposited: | 20 May 2019 03:11 |
Last Modified: | 20 May 2019 03:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11462 |
Actions (login required)
View Item |