PENGARUH PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP TERPADU AL-ANWAR BARUHARJO

ENGGAR KIBTI NURAINI, 1724143091 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP TERPADU AL-ANWAR BARUHARJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh metode pembelajaran IMPROVE Terhadap Hasil Belajar Matematika dan motivasi belajar Siswa Kelas VII SMP Terpadu Al Anwar Baruharjo Pada Materi Aritmatika Sosial Tahun Ajaran 2017/2018” ditulis oleh Enggar Kibti Nuraini, NIM. 1724143091 pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes. Kata Kunci: IMPROVE, Hasil Belajar, Motivasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa dalam menyampaikan pendapat di kelas dan rendahnya hasil belajar siswa. masih banyak siswa yang cenderung pasif saat pembelajaran berlangsung. Karena proses pembelajaran didominasi oleh guru yang berceramah. Sehingga siswa tidak dapat mengeksplor kemampuannya secara lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran IMPROVE terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Terpadu Al-Anwar pada materi aritmatika sosial, (2) mengetahui pengaruh pengaruh metode pembelajaran IMPROVE terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Terpadu Al-Anwar pada materi aritmatika sosial, (3)mengetahui pengaruh metode pembelajaran IMPROVE terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Terpadu Al-Anwar pada materi aritmatika sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimental Design dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran IMPROVE Terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar siswa pada materi aritmatika sosial Kelas VII SMP Terpadu Al-Anwar Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII A dan VII B. Data penelitian ini diambil dari nilai post-test dan hasil angket motivasi belajar siswa, yang kemudian dianalisis menggunakan uji independent sampel t-test dan uji MANOVA. Melalui uji independent sampel t-test dan uji MANOVA dapat diperoleh hasil 4. metode pembelajaran IMPROVE dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) metode pembelajaran IMPROVE dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dan (3) metode pembelajaran IMPROVE dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143091 ENGGAR KIBTI NURAINI
Date Deposited: 28 May 2019 03:47
Last Modified: 28 May 2019 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11545

Actions (login required)

View Item View Item