LUTFI KAMALA HIDAYAH, 17207153026 (2019) MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR-MENGAJAR DI TK ISLAM AT-TAQWA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (512kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (468kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (246kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (322kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (314kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Menagajar Di TK Islam At-Taqwa Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfi Kamala Hidayah, NIM 17207153026, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. H. Masduki, M.Ag. NIP. 19620708 199803 1 001. Kata Kunci : Manajemen Kelas, efektivitas proses belajar mengajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa masih terdapat beberapa peserta didik yang masih kurang efektif dalam proses belajar. Sehingga, dalam proses pembelajaran diperlukan adanya manajemen kelas yang baik agar tujuan proses belajar mengajar dapat tercapai. Sebab, untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan yang berkaitan dengan peningkatan proses belajar mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di TK Islam At-Taqwa Tulungagung?. (2) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di TK Islam At-Taqwa Tulungagung?.(3) Bagaimana evaluasi pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di TK Islam At-Taqwa Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di TK Islam At-Taqwa Tulungagunng. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu peneliti meneliti fakta-fakta yang terjadi dilapangan, sementara itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis datanya penulis mengguanakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1. Perencanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di TK Islam At-Taqwa Tulungagung : (a) Rapat bersama dengan guru dan kepala sekolah. (b)perencanaan pengaturan peserta didik yang dimulai dari mempersiapkan perangkat pembelajaran, (c) perencanaan pengaturan ruang kelas, seperti penempatan tempat duduk, keindahan kelas dan penempatan peserta didik. 2. Pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan efetivitas proses belajar mengajar di TK Islam At-Taqwa Tulungagung terdiri dari dua pelaksanaan yaitu: (a) pelaksanaan pengaturan peserta didik seperti, melaksanakan semua perangkat pembelajaran, pembelajaran dengan model berkelompok dengan pengaman, permasalahan ketika proses pembelajaran di atasi dengan cara mendekati dan menasehat, pendekatan yang digunakan dalam manajemen kelas yaitu pendekatan kekuasaan dan pendekatan kebebasan, memenuhi sarana dan prasarana untuk penunjang pembelajaran, menerapkan kebiasaan disiplin, menciptakan gairah peserta didik dengan belajar sambil bermain, membangun kerja sama peserta didik dengan melakukan kegiatan-kegiatan. (b) Pelaksanaan pengaturan ruang kelas meliputi, penempatan tempat duduk dibagi menjadi tiga kelompok, penempatan peserta didik dilihat dari data dan kondisi peserta didik, pelaksanakan perawatan sarana belajar dengan dikembalikan setelah digunakan, penyimpanan sarana belajar ditempatkan di masinng-masing sesuai jenisnya, pengaturan keindahan kelas yang dipenuhi dengan pembuatan karya peserta didik, penaruhan ventilasi yang sesuai dengan arah datangnya cahaya, lingkungan sekolah di tanami tanaman dan tumbuhan yang berbeda-beda. 3. Evaluasi pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di TK Islam At-Taqwa Tulungagung: (a) evaluasi dicapai melalui pengecekan ruang kelas dan lingkungan sekolah setiap hari. (b) evaluasi dalam pembelajaran dapat dicapai melalui hasil dari 5 penilaian, yaitu penilaian hasil karya, penilaian observasi, penilaian unjuk kerja, penilaian kecakapan, dan penialaian harian anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207153026 LUTFI KAMALA HIDAYAH |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 03:10 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11623 |
Actions (login required)
View Item |