INTAN MEI CAHYANI, 17204153137 (2019) ANALISIS BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI PIAGET DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI TURUNAN FUNGSI KELAS XI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (965kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (123kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang diperhatikannya proses berpikir siswa, baik oleh guru maupun oleh siswa. Agar dalam pembelajaran turunan berjalan dengan baik maka seorang guru harus mengetahui proses berpikir siswa. Sehingga dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tahap berpikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses berpikir siswa berkemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal turunan berdasarkan teori piaget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes dan wawancara digunakan untuk mengetahui secara lebih dalam proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika materi turunan yang diberikan. Dari 27 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. 2 subjek mewakili siswa kategori nilai tinggi, 2 subjek mewakili siswa kategori sedang, 2 siswa mewakili kategori rendah. Adapun pemilihan subjek ini berdasarkan pada hasil jawaban tes tulis siswa tersebut dan juga pertimbangan kemampuan komunikasi siswa yang baik. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dicek keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Kemudian data tersebut dianalis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) siswa dengan kategori nilai tinggi memenuhi indikator asimilasi. (2) siswa dengan kategori nilai sedang memenuhi indikator asimilasi dan akomodasi, namun masih dominan dengan asimilasi. (3) siswa dengan kategori nilai rendah memenuhi indkikator asimilasi dan akomodasi, tetapi masih dominan dengan akomodasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Skripsi 17204153137 Intan Mei Cahyani |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 07:14 |
Last Modified: | 25 Jun 2019 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11665 |
Actions (login required)
View Item |