NEVY AYU KARTIKASARI, 17204153245 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (312kB) |
Abstract
Abstrak Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Nevy Ayu Kartikasari, NIM. 17204153245, Pembimbing Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar. Fenomena adanya asumsi negative yang dimiliki siswa mengenai pelajaran matematika.Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi, sehingga nilai akhir yang diraih kurang memuaskan.Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariatif agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat.Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran dimana siswa dituntut aktif dalam menyelesaikan permasalahan. Melalui model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan motivasi siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap motivasi siswa, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design.Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, tes, dan dokumentasi.Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung yang berjumlah 346 siswa.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung. Berdasarkan hasil nilai tingkat signifikan 0,000 < 0,05; (2) Ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung. Berdasarkan hasil nilai tingkat signifikan 0,000 < 0,05; (3) Ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung. Berdasarkan hasil nilai tingkat signifikan 0,000< 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153245 NEVY AYU KARTIKASARI |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 07:27 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11731 |
Actions (login required)
View Item |