WIDYA TRI RAHAYU, 17204153244 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTs DARUSSALAM REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (500kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (926kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (337kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ditulis oleh Widya Tri Rahayu, NIM. 17204153244, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing : Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Aptitude Treatment Interaction (ATI), Minat, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan guru di kelas masih menggunakan model pembelajaran langsung dengan model pembelajaran konvensional yang bersifat teacher center yang membuat siswa menjadi pasif dan membosankan. Sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dimana nantinya menekankan pada keterlibatan siswa secara langsung sehingga memungkinkan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap minat siswa kelas VIII materi bangun ruang sisi datardi MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi bangun ruang sisi datardi MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII materi bangun ruang sisi datardi MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunkan adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes, dan dokumentasi. Dalam analisis peneliti menggunakan analisis data statistik uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1) Ada pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung yang didapat dari nilai signifikan yang lebih kecil dari < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung yang didapat dari nilai signifikan yang lebih kecil dari < 0,05 yaitu 0,035 < 0,05. 3) Ada pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung yang didapat dari nilai signifikan yang lebih kecil dari < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153244 WIDYA TRI RAHAYU |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 07:20 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 07:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11733 |
Actions (login required)
View Item |