PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD BERBANTUAN POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN

FITRIA WAHYUNING TIYAS, 17208153032 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD BERBANTUAN POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (500kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul , “Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Berbantuan Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Sumbergempol Tulungagung Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungan “ Ini Ditulis Oleh Fitria Wahyuning Tiyas, Nim 17208153032, Pembimbing Dr.Maryono, M.Pd. Kata kunci : Media flashcard berbantuan poster, materi Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, hasil belajar Penggunaan media flashcard dalam pembelajaran merupakan suatu proses, cara menggunakan kartu belajar yang efektif berisi gambar, teks, atau tanda simbol untuk membantu mengingatkan atau mengarahkan siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar, teks, atau tanda simbol yang ada pada kartu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh media flashcard berbantuan poster terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII SMP 1 Sumbergempol. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yag digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental). Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah penggunaan media flashcard berbantuan poster sebagai variabel bebas, hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII B dan VII C. Data nilai ini diambil dari post-test. Yang kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Sample t test. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan positif media flashcard berbantuan poster terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N 1 Sumbergempol. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu thitung lebih besar dari ttabel. Diperoleh nilai thitung sejumlah 4,008 ttabel sejumlah 1,998 dengan taraf signifikasi sejumlah 0,05 yang dapat disimpulkan thitung > dari ttabel maka dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media flashcard terhadap hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12501194032 FITRIA WAHYUNING TIYAS
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:38
Last Modified: 01 Jul 2019 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11782

Actions (login required)

View Item View Item