RAVICA SEPTYA EKA ATMAJA, 17201153410 (2019) STRATEGI GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (333kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (903kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (355kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (206kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
Abstract
ABSTRAK Ravica Septya Eka Atmaja, NIM: 17201153410, 2019. “Strategi Guru dalam Pemanfaatan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Kota Blitar”. Skripsi, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. NIP: 197204172006041002. Kata Kunci : Strategi guru, pemanfaatan media audio visual Latarbelakang penelitian ini adalah siswa kurang tertarik dan kurang memahami pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, karena pelajaran ini terlalu banyak memuat cerita tanpa diimbangi dengan visualisasi yang cukup. Sedangkan siswa cenderung kurang menyukai kegiatan membaca. Pemanfaatan media Audio Visual adalah salah satu cara yang dipilih guru untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sementara itu guru dituntut menggunakan strategi yang sesuai dengan penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana rancangan strategi guru dalam pemanfaatan media audio visual pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Kota Blitar? 2) Bagaimana implementasi stategi guru dalam pemanfaatan media audio visual pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Kota Blitar? 3) Bagaimana hasil dari pemanfaatan media audio visual pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Kota Blitar? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Rancangan strategi guru dalam pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah penyusunan RPP dengan baik dan benar, pemilihan metode yang sesuai dengan penggunaan media pembelajaran, dan merancang evaluasi pembelajaran. 2) Implementasi strategi guru dalam memanfaatkan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah persiapan pembelajaran dan pemasangan alat pembelajaran, membuka pembelajaran dengan Ice Breaking dengan cara memutarkan video animasi lucu sebagai awal pembelajaran yang menyenangkan, dan pemutaran video Sejarah Kebudayaan Islam sebagai materi, pemberian evaluasi pembelajaran dengan menggunakan slide power point yang menampilkan tes/pertanyaan. 3) Hasil dari pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah menambah prestasi siswa, membantu guru dalam hal efisiensi tenaga maupun waktu, memotivasi siswa untuk terus belajar, dan mewujudkan pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153410 RAVICA SEPTYA EKA ATMAJA |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 06:56 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11807 |
Actions (login required)
View Item |