KETERAMPILAN VARIASI GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BLITAR

KUSNA DESITA SARI, 17205153033 (2019) KETERAMPILAN VARIASI GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kusna Desita Sari, NIM. 17205153033, “Keterampilan Variasi Guru dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Blitar”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata kunci: Keterampilan variasi, guru, pembelajaran tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam mengatasi rasa jenuh dan bosan siswa dalam pembelajaran tematik diperlukan variasi dalam pembelajaran tematik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan keterampilan variasi guru dengan pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar? (2) Bagaimana variasi media dan bahan ajar dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar? (3) Bagaimana variasi interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar (2) Mendeskripsikan variasi media dan bahan ajar dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar (3) Mendeskripsikan variasi interaksi guru dan siswaa dalam pembelajaran tematik di Madasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar. Penelitian ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar sebagai dasar evaluasi guru dalam mengatasi kejenuhan siswa dan memaksimalkan kualitas pembelajaran melalui keterampilan variasi. Bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar sebagai bahan renungan untuk memperbaiki motivasi belajar di dalam kelas. Bagi pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi terstruktur, wawancara tidak terstuktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan oleh peneliti berupa kata-kata, gambar dan bukan angka, yang nantinya hasil penelitian berupa kutipan-kutipan data yang berasal dari observasi, wawancara, foto, dan dokumen lainnya untuk memberikan gambaran penyajian laporan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru telah mampu mengadakan variasi gaya mengajar guru yang dapat dilihat dari variasi suara, memusatkan perhatian, membuat kesenyapan sejenak, mengadakan kontak pandang, variasigerak badan dan mimik, mengubah posisi dengan bergerak. (2) Variasi media dan bahan ajar yang guru gunakan dapat dilihat dari penggunaan media visual berupa gambar, bagan-bagan, penggunaan media dari koran, namun guru belum menerapkan penggunaan media audio mereka mengandalkan suara guru pribadi untuk menyampaikan materi ajar, begitupula media taktil belum dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran tematik. Bahan ajar yang guru gunakan dalam pembelajaran tematik sudah bervariasi yaitu buku guru, buku siswa (LKS), bank soal, serta rangkuman pribadi dari guru. (3) Variasi interaksi guru dan siswa adalah klasikal dan individual (perorangan) dengan jenis pola interaksi multiarah yaitu pola guru-siswa, siswa-guru, siswa-siswa. Aktivitas belajar siswa sudah bervariasi seperti menyimak dan mendengarkan informasi, membaca, mencatat, tanya-jawab, berkelompok, berdiskusi, penugasan, serta latihan soal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153033 KUSNA DESITA SARI
Date Deposited: 03 Jul 2019 06:36
Last Modified: 03 Jul 2019 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11895

Actions (login required)

View Item View Item