PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJOREJOTANGAN TULUNGAGUNG

MAIDATUL JANNAH, 17205153051 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJOREJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Maidatul Jannah NIM 17205153051 dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Time Token, Keaktifan, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pelajaran agama islam khususnya akidah akhlak dianggap sebagai pelajaran yang membosankan bagi sebagian peserta didik karena banyak guru yang menggunakan cara yang konvensional, yang dalam kegiatan belajar mengajar banyak didominasi penyampaian materi dengan ceramah. Untuk sebagian peserta didik cara ini memang efektif, namun lama-kelamaan peserta didik yang lain akan merasa jenuh karena hanya menjadi pendengar , mereka menjadi tidak fokus, mengantuk, malas dan akhirnya berpengaruh pada penurunan hasil belajar mereka. Oleh karena itu, seorang pendidik harus bisa menemukan model pembelajaran yang sesuai untuk kelas dan materi yang diajarnya. Salah satu model pembelajaran yang cocok adalah Model Pembelajaran Kooperatif, didalamnya terdapat beberapa tipe yang salah satunya yaitu Time Token. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keaktifan belajar akidah akhlak peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keaktifan dan hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design terdapat dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Metode pengambilan data melalui angket, tes, dokumentasi dan observasi. Metode angket digunakan untuk mencari data skor keaktifan belajar peserta didik kelas III di MI Miftahul Huda Banjarejo. Metode tes digunakan untuk mencari nilai hasil belajar peserta didik kelas III di MI Miftahul Huda Banjarejo. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dokumen sekolah. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji independent sample T test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keaktifan belajar akidah akhlak peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung dengan hasil0,002 pada taraf signifikansi 5%; 2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung dengan hasil 0,000 pada taraf siginifikansi 5%; 3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keaktifan dan hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung dilihat dari perhitungan uji Independent Sample T-test dan uji MANOVA (multivariat of variance), memiliki pengaruh cukup besar untuk keaktifan dan hasil belajar dengan hasil uji independent sample T-test sebesar 0,002 dan 0,000 serta hasil dari uji MANOVA yaitu 0,000. Hasil perhitungan tersebut dinyatakan signifikan, maka model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran alternatif untuk mendorong keaktifan peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153051 MAIDATUL JANNAH
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:24
Last Modified: 03 Jul 2019 08:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11907

Actions (login required)

View Item View Item