PENGARUH KOMPETENSI GURU AL QUR’AN HADIST TERHADAP MOTIVASI BACA TULIS ALQUR’AN SISWA DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

Umi daris fitriani, 17201153282 (2019) PENGARUH KOMPETENSI GURU AL QUR’AN HADIST TERHADAP MOTIVASI BACA TULIS ALQUR’AN SISWA DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (515kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Umi Daris Fitriani. 2019, ” Pengaruh Kompetensi Guru Al Qur’an Hadist Terhadap Motivasi Baca Tulis Al Qur’an siswa MTs Imam Al Ghozali Tahun Ajaran 2018/2019”. NIM: 17201153282. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Program Strata satu Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. H. Muwahid Sulhan, M. Ag. Kata Kunci : Kompetensi Guru Al Qur’an Hadist, Motivasi Baca Tulis Al Qur’an siswa Kompetensi guru adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan tugasnya. Motivasi sebagai suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut UU No 14 tahun 2015 tentang Guru dan Dosen pasal 1 ayat 10 sebagai berikut:” Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, ketrampilan dan perilaku yang dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalanya”.Sehingga dalam hal ini kompetensi guru sangat diperlukan untuk membangkitkan motivasi baca tulis Al Qur’an siswa. Tujuan penelitian ini : 1. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru Al Qur'an Hadits dalam meningkatkan motivasi baca tulis Al Qur'an Pada Siswa MTs Al Ghozali Tahun Ajaran 2018/2019. 2. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru Al Quran Hadits dalam meningkatkan motivasi baca tulis Al Qur'an Pada Siswa MTs Al Ghozali Panjerejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. 3. Untuk Mengetahui pengaruh kompetensi personal guru Al Qur'an Hadist dalam meningkatkan motivasi baca tulis AlQur'an pada siswa MTs Al Ghozali Panjerejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian ex-postfacto. Sampel dalam penelitian ini adalah 42 orang yang diambil dengan mengunakan jenis sampel proposional yang mana diambil 58% dari jumlah populasi yaitu sebesar 72 siswa. Sedangkan untuk pengambilan data dalam penelitian menggunakan angket dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang kompetensi guru Al Qur’an Hadist dan motivasi Baca Tulis Al Qur’an siswa, lalu untuk analisis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan realibilitas intrumen, uji prasyarat analisis data (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas), uji hipotesis (uji regresi linier sederhana, dan uji t). Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru Al Qur’an Hadist dalam kompetensi pedagogik terhadap motivasi baca tulis Al Qur’an siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan dengan SPSS IBM 19, tampak nilai thitung = 3,802 > 2,019 dan ttabel dan nilai taraf tsighn < ᾳ atau 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru Al Qur’an Hadist dalam kompetensi profesional terhadap motivasi baca tulis Al Qur’an siswa.Hal tersebut dapat dilihat pada hasil penghitungan dengan program SPSS 19. Tampak nilai thitung = 2,440 > 2,019 dan ttabel dan nilai taraf tsighn < ᾳ atau 0,19 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru Al Qur’an Hadist dalam kompetensi keperibadian terhadap motivasi baca tulis Al Qur’an siswa.Hal tersebut dapat dilihat pada hasil penghitungan dengan program SPSS 19 For Windows. Tampak nilai thitung = 2,553 > 2,019 dan ttabel dan nilai taraf tsighn < ᾳ atau 0,15 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153282 Umi daris fitriani
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:58
Last Modified: 22 Jul 2019 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12088

Actions (login required)

View Item View Item