MAGHFIROTUL AINI, 17209153015 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (488kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Everyone is a Teacher Here Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Maghfirotul Aini NIM. 17201153491. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Maryono, M. Pd. Kata kunci : Metode Pembelajaran Everyone is a Teacher Here, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Proses pembelajaran dirasa kurang menarik, siswa tidak semangat dan kurang aktif dengan metode ceramah, sehingga berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian diperlukan perubahan yaitu salah satunya dengan perubahan penerapan metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa serta menyukai mata pelajaran IPS yaitu metode Everyone is a Teacher Here. Metode Everyone is a Teacher Here merupakan model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawanya. Every one is a Teacher Here melatih siswa untuk lebih aktif dan bisa menjadi guru bagi teman-temanya. Diharapkan dengan metode yang baru ini siswa termotivasi dan hasil belajar mencapai KKM yang sudah ditentukan. Rumusan masalah dalam penulisan sekripsi ini adalah 1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here terhadap motivasi siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung 2018/2019? 2) Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngantru Tulungagung 2018/2019? Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data : 1) Tes, 2) Angket, 3) observasi dan 4) Dokumentasi. Teknik analisis data hasil angket motivasi belajar dan hasil belajar siswa menggunakan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan perhitungan uji t angket motivasi diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima meskipun pengaruhnya sangat lemah karena diambang minimal, (2) Berdasarkan perhitungan uji t post test diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,011 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh metode Every one is a Teacher Here terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII A SMPN 1 Ngantru Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209153015 MAGHFIROTUL AINI |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 02:46 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12229 |
Actions (login required)
View Item |