WAHYUDIANSAH, 17201153010 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (997kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Pada Peserta Didik di SMAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Wahyudiansah, NIM, 17201153010, pembimbing: Zainudin, S.Ag, M.Pd. I Kata Kunci : Peran Guru PAI, Membina Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi denganperkembangan IPTEKyang banyak memberikan pengaruh, baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif.Dan di sisi lain perkembangan peserta didik yang masih labil yang cenderung mudahterpengaruh pada hal-hal negatif.Sehingga dalam dasawarsa terakhir ini terjadi dekadensi moral.Maka guruPendidikan Agama Islam sangat memiliki peran penting dalam membina akhlak,supaya terbentunya akhlak mulia peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam membina akhlak peserta didik di SMAN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam membina akhlak peserta didik di SMAN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam membina akhlak peserta didik di SMAN 1 Tulungagung? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif jenispenelitian diskriptif.Adapun pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Observasi digunakan untuk memperoleh data dari sumber data yang berupa peristiwa, tempat, benda dan gambar. Wawancara digunakan sebagai cara mengumpulkan data atau informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkip, buku, dan sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam membina akhlakpeserta didik di SMAN 1 Tulungagungadalah Pertama, peran guru PAI sebagaiFasilitatordalam membina akhlak yaitu dengan mengadakan Berdoa diawal pembelajaran, Membiasakan mengucapkan salam dan berjabat tangan, Membiasakansopan santun, Menyediakan tempat beribadah, Diadakan peringatan hari besar agama, Pembinaan keislaman yang diikuti oleh siswi kelasX-XI, Sholat jumat berjamaah dan Ekstra hadroh. Kedua, peran guru PAI sebagai Motivator dalammembina akhlak yaitu dengan mengarahkan siswa bagaimana cara berhubungan dengan tuhan melaui beribadah dengan cara sholat berjamaah, Memberikan pemahaman dan kesadaran untuk menerapkan akhlak dalam kehidupan sehari-hari serta menjadikan diri sebagai suri tauladan yang baik, Melalui ceramah agar bisa mendorong dan merangsangpeserta didik untuk memiliki akhlak baik.Dan yang Ketiga, peran guru PAI sebagai Evaluator dalam membina akhlakyaitu dengan melakukan penilaian melalui sikap dan ketaatansiswa saatmengikuti kegiatan belajar-mengajar, dari cara berbicara, bersikap, berpakaian, berkomunikasikepada teman sejawat dan terhadap gurunya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153010 WAHYUDIANSAH |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 06:58 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 06:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12251 |
Actions (login required)
View Item |