THE EFFECTIVENESS OF SELF MONITORING APPROACH TO READING AND THINKING (SMART) TOWARDS STUDENTS’ READING ABILITY IN DESCRIPTIVE TEXT OF TENTH GRADERS OF MAN 1 KOTA KEDIRI

FITA FATIMATUL FAUZIYAH, 17203153019 (2019) THE EFFECTIVENESS OF SELF MONITORING APPROACH TO READING AND THINKING (SMART) TOWARDS STUDENTS’ READING ABILITY IN DESCRIPTIVE TEXT OF TENTH GRADERS OF MAN 1 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (653kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf

Download (365kB)
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fauziyah, Fita, Fatimatul. Nomor Induk Mahasiswa. 17203153019. 2019. “The Effectiveness of Self Monitoring Approach to Reading and Thinking (SMART) towards Students’ Ability in Descriptive Text of Tenth Graders of MAN 1 Kota Kediri”. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing. Dr. Arina Shofiya, M.Pd. Kata kunci: SMART (Self Monitoring Approach to Reading and Thinking) strategy, Teks Deskriptif Membaca adalah proses keterampilan kognitif yang kompleks bertujuan untuk membangun pemahaman pembaca tentang apa yang sedang dibaca. Berdasarkan kurikulum sekolah menengah atas di kelas sepuluh, ada beberapa teks yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satunya adalah teks deskriptif. Dalam mempelajari teks deskriptif di tingkat sekolah menengah atas, siswa mungkin mengalami kesulitan dalam mempelajari teks ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan strategi SMART (Self Monitoring Approach to Reading and Thinking) dalam mengajar untuk membantu siswa memahami tentang teks dengan lebih mudah. Rumusan penelitian adalah: Apakah ada perbedaan yang signifikan dari prestasi siswa dalam membaca sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan strategi SMART “(Self Monitoring Approach to Reading and Thinking)” Berdasarkan rumusan masalah penelitian, tujuan dari masalah penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan pada prestasi siswa dalam membaca sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan strategi SMART. Desain penelitian dari penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Kota Kediri yang terdiri dari 342 anak dalam sepuluh kelas (IIK, IIB, MIPA1, MIPA2, MIPA3, MIPA4, MIPA5, IIS1, IIS2, IIS3). Sampel penelitian ini adalah X IIS1 yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen penelitian adalah tes yang berbentuk pilihan ganda dan pertanyaan salah benar. Analisis data menggunakan uji-T dengan IBM SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor siswa sebelum diajar dengan menggunakan strategi SMART adalah 82,11 dan rata-rata siswa setelah diajarkan dengan menggunakan strategi SMART meningkat menjadi 87,14. Selain itu, hasil perhitungan statistik menggunakan uji-T dengan IBM SPSS 21.0, menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,00. Itu berarti bahwa nilai signifikansi lebih rendah dari tingkat signifikansi (0,00 <0,05). Hasil nilai signifikansi menunjukkan bahwa hipotesis nol (ho) ditolak dan hipotesis alternatif (ha) tidak ditolak. Ini berarti ada signifikansi pada kemampuan membaca siswa dalam teks deskriptif sebelum dan setelah diajarkan dengan menggunakan strategi SMART di MAN 1 Kota Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 17203153019 FITA FATIMATUL FAUZIYAH
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:02
Last Modified: 25 Jul 2019 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12333

Actions (login required)

View Item View Item