KASIM, 17204153099 (2019) ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI SMA NEGERI 1 NGUNUT. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (667kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (762kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (691kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (217kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (923kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Dalam menyelesaikan permasalahan matematika, siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam memahami, menjelaskan dan menjabarkan permasalahan yang terdapat dalam soal serta masih banyak yang belum bisa menarik kesimpulan akhir dari pemecahan masalah yang dilakukan. Sedangkan dalam mempelajari matematika dibutuhkan proses penalaran yang baik dalam memahami dan menentukan proses solusi dari permasalahan yang dihadapi. Sudah sewajarnya bahwa penalaran sangat penting dalam mempelajari dan memahami matematika karena matematika tidak lepas dari penalaran itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba menghubungkan masalah pada pembelajaran matematika dengan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di SMA Negeri 1 Ngunut. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa berdasarkan (1) kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel, (2) kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel, dan (3) kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitain yaitu siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ngunut dengan subjek wawancara diambil 3 siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data berupa: (1) observasi, (2) tes, dan (3) wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara : (1) ketekunan peneliti, (2) triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi sangat baik karena memenuhi semua indikator yang ada adapun penalaran yang digunakan yaitu penalaran deduktif, (2) penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika sedang tergolong baik karena masih ada 2 indikator yang masih belum bisa terpenuhi yaitu menggunakan data pendukung dan mengoprasikannya serta pada kasus tertentu belum bisa menarik kesimpulan dari penyelesaian masalah yang dikerjakan. Adapun penalaran yang digunakan yaitu penalaran deduktif, (3) penalaran matematis siswa dengan kemampuan matematika rendah bisa dibilang masih kurang hal ini dikarenakan ada banyak indikator penalaran yang tidak bisa terpenuhi, mereka hanya mampu menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal namun tidak dapat menjelaskan dan menjabarkannya, tidak dapat menggunakan pola atau cara, dan mengoprasikannya, serata tidak dapat menarik kesimpulan akhir dari proses penyelesaian yang telah dilakukan. Adapun penalaran yang digunakan oleh siswa dengan kemampuan matematika rendah yaitu menggunakan penalaran pra deduktif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S, Pd. 17204153099 Kasim |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 04:09 |
Last Modified: | 02 Apr 2020 06:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12355 |
Actions (login required)
View Item |