PENGARUH METODE MIND MAPPING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS DI SMAN 1 DONGKO TRENGGALEK

Sabrang Ahli Rido, 17209153013 (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS DI SMAN 1 DONGKO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf

Download (591kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Dongko Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019”, ini ditulis oleh Sabrang Ahli Rido, NIM 17209153013 dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM. M.Pd Kata kunci : Metode Mind Mapping, Hasil Belajar Skripsi yang membahas tentang pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar perta didik. Metode Mind Mapping merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu membuat peserta didik belajar secara kreatif dalam menghasilkan gagasan dan mencacat secara mudah. Dalam metode Mind Mapping mengkombinasikan warna dan garis sehingga peserta didik mudah dalam mengingat materi pembelajaran. Pada mata pelajaran Sosiologi peserta didik mengalami kejenuhan, pembelajaran yang kurang menarik, kebosanan dan juga sedikit meremehkan mata pelajaran Sosiologi, mereka menganggap bahwa sudah bisa dengan mata pelajaran Sosiologi, karena dianggapnya sudah teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sehingga peneliti berinisiatif untuk menerapkan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Sosiologi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar Sosiologi peserta didik kelas XI IPS 2 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping di SMAN 1 Dongko Trenggalek (2) Bagaimana hasil belajar Sosiologi peserta didik kelas XI IPS 1 dengan yang tidak diajar menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping di SMAN 1 Dongko Trenggalek (3) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar Sosiologi peserta didik kelas XI IPS 2 antara diajar menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping dengan peserta didik kelas XI IPS 1 yang tidak diajar menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping di SMAN 1 Dongko Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IPS kelas XI SMAN 1 Dongko Trenggalek. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan post tes yang berfungsi untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sosiologi. Analisis data untuk uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk uji hipotesis menggunakan uji t-test dan uji manova Hasil penelitian ini adalah, (1) ada pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Sosiologi, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi lebih dari 0,05, nilai signifikansi sebesar 0,999 (2) Dari hasil analisis uji normalitas post-test dapat diketahui bahwa data berdistribusi normal dengan Sig. 0,109. Hal ini diketahui jika suatu distribusi dikatakan normal apabila nilai Asymp Sig.(2-tailed) > 0,05 sedangkan apabila nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 maka data tersebut berdistribusi tidak normal. Sehingga data yang diperoleh dari analisis uji normalitas post-test tersebut berdistribusi normal (3) Berdasarkan uji t dapat dilihat bahwa kelas eksperimen dengan responden 32 memiliki rata-rata 84,21 dan kelas kontrol jumlah responden 33 memiliki rata-rata 81,12. Dengan itu menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dari analisis data dengan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan metode Mind Mapping dengan konvensional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209153013 Sabrang Ahli Rido
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:57
Last Modified: 25 Jul 2019 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12406

Actions (login required)

View Item View Item