M. KHOIRUR ROZIQIN, 17201153240 (2019) PENGARUH KEGIATAN TAHFIDZUL AL-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MAN KOTA BLITAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIST. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (728kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (766kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kegiatan Tahfidzul Al-quran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa MAN Kota Blitar Mata Pelajaran Al-quran Hadist” ditulis oleh M. Khoirur Roziqin, NIM 17201153240, pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh, M.PdI. Kata Kunci: Kegiatan Tahfidzul Al-Quran, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pendidikan yang sangat penting dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Peningkatan kualitas peserta didik menjadi objek utama pendidkan saat ini, pendidikan merupakan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa motivasi sangat diperlukan sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar, al-quran hadist merupakan salah satu pelajaran mempunyai tujuan agar siswa mampu menumbuhkan rasa nasionalisme. Rumusan masalah dalam penulisan Skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh kegiatan tahfidzul al-quran terhadap prestasi belajar siswa MAN Kota Blitar mata pelajaran al-quran hadist. (2) Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa MAN Kota Blitar mata pelajaran al-quran hadist. (3) Bagaimana pengaruh kegiatan tahfidzul al-quran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa MAN Kota Blitar mata pelajaran al-quran hadist. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Yang dijadikan sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN Kota Blitar yang mengambil jurusan keagamaan. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mendapatkan data-data mengenai kegiatan tahfidzul al-quran dan motivasi belajar yang kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data seperti profil sekolah,visi dan misi sekolah, tujuan sekolah serta data-data tertulis lain. Ujivaliditas instrument menggungakan Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbachs. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan keduamenggunakan analisis regresi sederhana 1 prediktor, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan regresi ganda 2 prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara kegiatan tahfidzul al-quran terhadap presatasibelajarsiswa MAN Kota Blitar mata pelajaran al quran hadist. Hal ini ditunjukkan dengan nilaisign adalah sebesar 0,032 < 0,05 dan nilai F hitung 4.135 > F tabel 3,996. (2) terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa MAN Kota Blitar mata pelajaran al-quran hadist. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sign sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 91,314 > F tabel 3,996.(3) terdapat pengaruh kegiatan tahfidz al-quran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa MAN Kota Blitar mata pelajaran al-quranhadits. Hal ini di tunjukkan bahwa F hitung = 45,735 > F table = 3,996 dan nilai sig 0,000 < 0,05
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153240 M. KHOIRUR ROZIQIN |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 07:54 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 07:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12438 |
Actions (login required)
View Item |