PENGARUH PENERAPAN AKTUALISASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA ORANG MUNAFIK (STUDY QUASI EKSPERIMEN DI KELAS IV MIN 4 TULUNGAGUNG)

SITI NURUL HIDAYATI, 17205153293 (2019) PENGARUH PENERAPAN AKTUALISASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA ORANG MUNAFIK (STUDY QUASI EKSPERIMEN DI KELAS IV MIN 4 TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Penerapan Aktualisasi Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak pada materi Menghindari akhlak tercela orang munafik (Study Quasi Eksperimen di kelas IV MIN 4 Tulungagung)” ini ditulis oleh Siti Nurul Hidayati NIM. 17205153293, pembimbing Dr H. Syamsun Ni’am, M. Ag. Kata Kunci: Model pembelajaran Mind Mapping, Motivasi belajar, Hasil Belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan aktualisasi model pembelajaran Mind Mapping terhadap motivasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada materi menghindari akhlak tercela orang munafik (study quasi eksperimen di kelas IV MIN 4 Tulungagung? 2) Adakah pengaruh penerapan aktualisasi model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada materi menghindari akhlak tercela orang munafik (study quasi eksperimen di kelas IV MIN 4 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Posttes-only Control Group Design. Tehnik dan instrument pengumpulan data berupa angket, tes, dokumentasi. Uji yang digunakan adalah analisis uji t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t-tes pada motivasi sebesar 0,018 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t-tes hasil belajar sebesar 0,028 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil uji manova diperoleh nilai Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’ Largest Root memiliki signifikansi 0,013 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153293 SITI NURUL HIDAYATI
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:21
Last Modified: 29 Jul 2019 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12516

Actions (login required)

View Item View Item