ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DAN SIMPANAN BAITUL MAAL WA TAMWIL RIZWA TULUNGAGUNG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH

ILHAM YUSUF BACHTIAR, 1741143163 (2019) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN DAN SIMPANAN BAITUL MAAL WA TAMWIL RIZWA TULUNGAGUNG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan dan Produk Simpanan Baitul Maal Wa Tamwil Rizwa Tulungagung dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah” ini ditulis oleh Ilham Yusuf Bachtiar, NIM 1741143163, pembimbing Hj. Amalia Nuril Hidayati, SE., M.Sy. Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan pembangunan ekonomi yang semakin meningkat, maka semakin terasa kebutuhan akan hadirnya lembaga keuangan syariah khususnya Baitul Maal wa Tamwil sangat diperlukan. Sehingga dapat dikatakan bahwa, Baitul Maal wa Tamwil memiliki peranan yang penting dalam perkembangan ekonomi. Pemasar sebagai ujung tombak dari Baitul Maal wa Tamwil yang sangat diandalkan perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat agar dapat meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan maupun simpanan. Penulis tertarik untuk mengetahui dan meneliti sejauh mana strategi pemasaran yang diterapkan untuk meningkatkan jumlah nasabah ditengah ketatnya persaingan antar lembaga keungan baik syariah maupun konvensional. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan jumlah nasabah di BMT Rizwa Tulungagung? (2) Apa saja kendala dalam melakukan strategi pemasaran untuk meningkatkan nasabah di BMT Rizwa Tulungagung? (3) Apa upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam melakukan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasbah di BMT Rizwa Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan menggunakan 4 kriteria yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa, (1) Dalam meningkatkan jumlah nasabah pemasar dari BMT Rizwa Tulungagung menggunakan strategi pemasaran yang pertama menggunakan Marketing Mix. (2) Kendala strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT RizwaTulungagung yaitu : a) Kurangnya kemampuan pemasar. b) Keterbatasan dana dari BMT. c) Tenaga pemasar sulit membagi waktu. (3)Upaya yang dilakukan pemasar BMT Rizwa Tulungagung dalam mengatasi kendala sebagai berikut : a) Memberri sosialisasi ke masyarakat. b) Memberikan pelatihan kepada tenaga pemasar. c) Menambah jumlah tenaga pemasar. Kata kunci : strategi pemasaran, meningkatkan jumlah nasabah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: skripsi 1741143163 Ilham Yusuf Bachtiar
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:34
Last Modified: 31 Mar 2020 08:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12543

Actions (login required)

View Item View Item