STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TKI DAN NON-TKI DI TK KELOMPOK A DI KECAMATAN CAMPURDARAT

DWI ERMA AGUSTIN, 1726143009 (2019) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TKI DAN NON-TKI DI TK KELOMPOK A DI KECAMATAN CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Studi Komparasi Kemampuan Berbahasa Anak Tki Dan Non-Tki Di Tk Kelompok A Di Kecamatan Campurdarat” ini ditulis oleh Dwi Erma Agustin, NIM 1726143009 pembimbing Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci : Keberadaan orangtua, kemampuan berbahasa, Anak TKI dan non-TKI. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya hasil wawancara yang peneliti lakukan di TK Dharma Wanita Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat, dan hasil tersebut menunjukan bahwa sebagian besar anak kesulitan dalam kemampuan berbahasa. Diduga anak yang kesulitan dalam kemampuan berbahasa adalah anak yang mayoritas orang tuanya bekerja sebagai TKI diluar negri, sehingga kurangnya waktu orang tua untuk membimbing mendidik dan mengarahkan anaknya, dapat mengakibatkkan permasalahan terhadap kemampuan berbahasa anak. Keberadaan orang tua yang mayoritas bekerja sebagai TKI tersebut dapat berpengaruh terhadap anak-anak khususnya dalam kemampuan berbahasa anak. Dengan bantuan orang tua, anak-anak dapat menemukan peran bahasa yang merupakan ciri khas alamiah, biologis dan juga unik dalam kehidupan manusia. Bahasa tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia, karena bahasa dapat digunakan sebagai medium untuk melanjutkan penemuan-penemuan kultural kita. Mengenalkan bahasa kepada anak sejak sedini mungkin dapat meningkatkan kemampuan anak. Penelitian ini didasarkan pada ketertarikan peneliti untuk mengetahui Apakah ada perbedaan kemampuan berbahasa anak TKI dan non TKI yang ditinjau dari keberadaan orang tua di Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Serta tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan berbahasa anak TKI dan non TKI yang ditinjau dari keberadaan orang tua di Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi anak usia dini dengan rentang usia 4-6 tahun di Desa Tanggung pada tahun 2018, dengan jumlah 30 anak. Ditinjau dari segi tempat dilaksanakannya penelitian, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “asosiatif yang digunakan untuk menguji ada tidaknya hubungan suatu variabel dengan variabel lainnya. Teknik pengumpulan data : nilai observasi. Teknik analisis data : uji normalitas , uji hipotesis mann whitnayydengan bantuan SPSS for Windows 22.0. Hasil dari pengujian hipotesis dengan teknik statistik uji mann whitney menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berbahasa anak TKI dan non TKI yang ditinjau dari keberadaan orang tua sebagaimana ditunjukkan oleh nilai Signifikansi sebesar 0,030 (P<0,05) . Hasil nilai Signifikansi pada uji statistic man whitney tersebut menyatakan bahwa hipotesis adanya perbedaan kemampuan berbahasa anak tki dan non tki ditinjau dari keberadaan orangtua di TK Dharmawanita Tanggung IV dapat diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143009 DWI ERMA AGUSTIN
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:28
Last Modified: 06 Aug 2019 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12637

Actions (login required)

View Item View Item