PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA di MADRASAH ALIAYAH DARUL HUDA WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

HANNA HUMAIROTUZ ZAHRA, 17201153439 (2019) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA di MADRASAH ALIAYAH DARUL HUDA WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Hanna Humairotuz Zahra, NIM. 17201153439 dengan judul “Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa di MA Darul Huda Wonodadi Blitar”, yang dibimbing oleh Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci : Peran, kemampuan, Al-Qur’an Membaca Al-Qur’an dan memiliki kemampuan dalam baca tulis Al-Qur’an adalah hal yang penting, namun pada realitanya di sekolah banyak dijumpai siswa yang kurang mampu bahkan belum mampu dalam baca tulis Al-Qur’an. Dalam hal ini peneliti membahas tentang peran Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penelitian dari skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa di MA Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana hambatan Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa di MA Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajran 2018/2019? (3) Bagaimana dampak peranan Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa di MA Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2018/2019? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui peran Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an pada Siswa di MA Darul Huda Wonodadi Blitar; (2) Untuk mengetahui hambatan Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an pada Siswa di MA Darul Huda Wonodadi Blitar; dan (3) Untuk mengetahui dampak peran Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an pada Siswa di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data dari sumber d ata yang berupa peristiwa, tempat, benda, dan gambar. Wawancara digunakan sebagai cara mengumpulkan data atau informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkip, buku, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa adalah guru memberikan motivasi kepada siswa dengan cara memberikan nasihat-nasihat, menumbuhkan minat siswa, dan menerapkan metode efektif yang digunakan Guru dalam meningkatkan kemampuan baca tullis Al-Qur’an. (2) Hambatan Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa karena kurangnya motivasi dan pengertian dari orang tua akan pentingnya mempelajari Al-Qur’an, kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya mempelajari Al-Qur’an, dan berbedanya kemampuan setiap anak yang berpengaruh pada metode pembelajaran. (3) Dampak dari peranan Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa adalah timbul perubahan pada siswa dengan mampu membaca Al-Qur’an dengan bacaan yang benar sekaligus memahami kata-kata dan kandungan makna-maknanya serta menyempurnakan cara membaca Al-Qur’an yang benar, memahami nilai-nilai keagamaan yang dikandungnya, berperilaku dengan mengedepankan etika-etika Al-Qur’an dan menjadikannya sebagai pijakan dalam memantapkan akidah Islam di dalam hati siswa sehingga ia selalu mensucikan dirinya dan mengikuti perintah-perintah Allah swt.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153439 HANNA HUMAIROTUZ ZAHRA
Date Deposited: 19 Aug 2019 08:16
Last Modified: 19 Aug 2019 08:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12791

Actions (login required)

View Item View Item