PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN IBADAH SISWA KELAS VIII DI MTsN 7 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

KHUSNUL UMU FARIDA, 17201153238 (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN IBADAH SISWA KELAS VIII DI MTsN 7 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kedisiplinan Ibadah Siswa Kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019”, ini ditulis oleh Khusnul Umu Farida, NIM 17201153238. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. Muh. Kharis, M.Pd, NIP. 196505121998031002. Kata kunci : Kompetensi Kepribadian Guru dan Kedisiplinan Ibadah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan personal yang harus dimiliki setiap guru yaitu kompetensi kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia dalam perannya sebagai pendidik dan pembimbing, sehingga mampu menanamkan pemahaman, kemampuan, nilai (value) dalam upaya meningkatkan kedisiplinan ibadah siswa. Rumusan Masalah: (1) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplin ibadah membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. (2) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplin ibadah salat dhuhur berjamaah siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. (3) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplin ibadah infak siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. Tujuan Penelitian: (1) Untuk menjelaskan pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan ibadah membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan ibadah salat dhuhur berjamaah siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan ibadah infak siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penilitian expost facto. Populasi dalam penelitian terdiri dari 253 siswa. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel 63 siswa. Teknik pengumpulan data: angket, dokumentasi dan wawancara. Teknis analisis data : uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, dan regresi sederhana dengan bantuan SPSS for windows 18.0 Hasil penelitian: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan ibadah membaca Al-Quran Siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. Berdasarkan output Regresi Sederhana dengan nilai sig 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak, besar kontribusi pengaruh kompetensi kepribadian guru sebesar 18,6% terhadap kedisiplinan ibadah membaca Al-Quran siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan ibadah salat dhuhur berjamaah siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. Berdasarkan output Regresi Sederhana dengan nilai sig 0,007 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05(0,007 < 0,05) sehingga H0 ditolak, besar kontribusi pengaruh kompetensi kepribadian guru sebesar 11,5% terhadap kedisiplinan ibadah sholat dhuhur berjamaah siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap kedisiplinan ibadah infak siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung. Berdasarkan output Regresi Sederhana dengan nilai sig 0,017 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,017 < 0,05) sehingga H0 ditolak, besar kontribusi pengaruh kompetensi kepribadian guru sebesar 8,9% terhadap kedisiplinan ibadah infak siswa kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153238 KHUSNUL UMU FARIDA
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:57
Last Modified: 13 Aug 2019 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12794

Actions (login required)

View Item View Item