Shofi, Lailatul Badriyah (2011) Strategi Guru Al Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Di MAN Rejotangan Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
BAB 4 N 5 SIAP PRIT new lgkap.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB I DAH TAK REVISI.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB II BEDA LAGI.docx Download (99kB) |
|
Text
BAB III editan new (PRINT).docx Download (34kB) |
Abstract
Kata kunci : Guru, Kesulitan belajar, dan Al Qur’an Hadits Penelitian ini dilatar belakangi bahwa proses pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, tidak selalu berjalan dengan lancar, terkadang dijumpai berbagai rintangan baik internal maupun external. Apalagi ditambah dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan peserta didik mengalami berbagai hambatan dan kesulitan belajar yang dapat membawa dampak negative baik terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan, khususnya dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadits. Dari latar belakang itulah penulis melakukan penelitian mengenai strategi guru al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MAN Rejotangan Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) apa jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh peserta didik di MAN Rejotangan Tulungagung?, (2) Apa penyebab kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik di MAN Rejotangan Tulungagung?,(3) Bagaimanakah strategi guru Al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MAN Rejotangan Tulungagung?. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan khasanah keilmuan serta sebagai upaya peningkatan kualitas profesionalisme sebagai calon guru. Bagi MAN Rejotangan dapat dijadikan acuan dan strategi dalam rangka mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata- kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, lokasinya di MAN Rejotangan Tulungagung, teknik pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pembelajaran, wawancara digunakan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan dan faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi guru tersebut. Sedangkan dokumentasi untuk mengetahui sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan memakai perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajekan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil dari penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh peserta didik di MAN Rejotangan Tulungagung adalah membaca sesuai dengan ilmu tajwid dan mengartikan ayat-ayat Al Qur’an baik makna mufrodat maupun makna secara keseluruhan. (2) faktor penyebab kesulitan belajar di MAN Rejotangan Tulungagung dibagi menjadi 2 (dua) yaitu intern meliputi kondisi tubuh, kurangnya kesadaran peserta didik dalam mempelajari Al Qur’an Hadits dan IQ yang kurang, sedangkan faktor eksternnya adalah keluarga guru, lingkungan dan kurangnya kebiasaan peserta didik dalam membaca Al Qur’an. (3) Strategi guru Al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MAN Rejotangan Tulungagung ialah dengan menggunakan metode tutor sebaya yaitu mengoptimalkan kemampuan siswa yang berprestasi dalam kelas untuk mengajarkan kepada temannya yang kurang berprestasi. Selain itu, guru juga memanfaatkan ekstra kurikuler tilawatil Qur’an dan kegiatan membaca Al Qur’an di pagi hari sebelum pelajaran di mulaidan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, selalu memberikan motivasi belajar kepada peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 08:33 |
Last Modified: | 09 Mar 2015 08:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1337 |
Actions (login required)
View Item |