ERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

UMMI SHOFIA AGUSTIN, 17204153053 (2019) ERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (467kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Kubus Balok Kelas VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Ummi Shofia Agustin, NIM. 17204153053, pembimbing Dr. Sutopo, M. Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, PBL, PjBL. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya semangat siswa dalam belajar matematika. Pembelajaran masih terpusat pada guru. Siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru dan mencatat yang dituliskan di papan tulis. Siswa juga kurang aktif dalam menanyakan apa yang belum mengerti oleh siswa. karena keterbatasan waktu, tempat, serta sarana dan prasarana, sebagian besar guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah. Hal tersebut menyebabkan peserta didik merasa jenuh serta kurangnya kesempatan siswa dalam mengekspresikan kemampuan pengetahuan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran PBL dan Model Pembelajaran PjBL Pada Materi Kubus Balok Kelas VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung dan sampel yang diambil adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat dengan menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran PjBL pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan nilai dan nilai . (2) besar perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Project Based Learning pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 adalah yang mana berdasarkan nilai interpretasi nilai Cohen’s sebesar 82% tergolong tinggi (large).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153053 UMMI SHOFIA AGUSTIN
Date Deposited: 28 Nov 2019 08:50
Last Modified: 28 Nov 2019 08:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13947

Actions (login required)

View Item View Item