FIRDA WULANDARI, 17210153025 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA UNTUK MENULIS PUISI MELALUI MEDIA LAGU PADA KELAS VIII DI SMPN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (269kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Download (124kB) |
||
Text
Bab V.pdf Download (195kB) |
||
Text
Bab VI.pdf Download (95kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (10kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Untuk Menulis Puisi Melalui Media Lagu Pada Kelas VIII Di SMPN 1 Ngunut”. ini ditulis Firda Wulandari, NIM (17210153025), Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Menulis, Puisi, dan Media Lagu Menulis puisi merupakan sebuah kenikmatan seni sastra. Keterampilan menulis merupakan kemampuan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan memakai bahasa tulisan yang baik sesuai dengan kaidah kebahasaan. Menulis merupakan salah satu aspek pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas VIII SMP. Dalam pembelajaran menulis tersebut, siswa dituntut untuk mampu mengembangkan pemikiran, ide, dan perasaannya dalam berbagai bentuk tulisan, baik sastra maupun bukan sastra. Sebagai upaya untuk mendorong siswa agar tertarik menulis diperlukan media pembelajaran yang tepat. Hal ini lah yang dilakukan oleh guru SMPN 1 Ngunut yang menggunakan media lagu untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa khususnya puisi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah strategi guru dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis puisi melalui media lagu pada kelas VIII di SMPN 1 ngunut. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis puisi melalui media lagu pada kelas VIII di SMPN 1 Ngunut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif studi kasus. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data yang digunakan adalah teori interaktif Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi metode. Hasil penelitian dengan adanya media lagu ini dirasa ada peningkatan kemampuan menulis puisi siswa, karena siswa yang sebelumnya bosan menjadi aktif dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan kemampuan menulis siswa meningkat. Hal ini sesuai dengan tujuan digunakannya media lagu ini untuk mempermudah siswa dalam menulis puisi. Selain itu, agar siswa dapat menulis puisi sesuai kaidah yang telah ditentukan serta mereka dapat mengikuti pembelajaran secara aktif. Selain hal ini nilai mereka menjadi bagus karena telah mampu mengungkapkan kata-kata dengan baik dan benar. Meskipun ada sebagian siswa yang masih bingung dalam menggunakan rima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Muhammad Syauqi Mushoffa |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 02:04 |
Last Modified: | 30 Mar 2020 13:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13983 |
Actions (login required)
View Item |