AINA MAGHFIROH, 1721143035 (2019) USAHA GURU AL-QURAN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR AL-QURAN SISWA DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (963kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (234kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Usaha Guru Al-Quran Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Al-Quran Siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Aina Maghfiroh, NIM. 1721143035, Pembimbing: Dr. H. Muwahid Syulhan M.Ag. Kata Kunci: Usaha Guru Al-Quran Hadits, Kemampuan Belajar Al-Quran Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh begitu pentingnya be lajar Al-Quran, namun pada realitanya di sekolah banyak dijumpai siswa yang kurang mampu bahkan belum mampu dalam membaca, menulis bahkan menghafal AlQuran. Padahal Al-Quran diakui sebagai kitab suci dan menjadi pedoman hidup sehari-hari. Saat ini anak-anak lebih disibukkan dengan kegiatan umum disekolah. Sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah dasar yang masih buta huruf terhadap Al-Quran. Maka dari itu, sekarang banyak lembaga pendidikan islam yang berupaya untuk menciptakan lulusan berkualitas dalam bidang keIslaman seperti yang diterapkan di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Oleh karena itu, peran guru, terutama guru Al-Quran Hadits sangat dibutuhkan dalam upaya peningkatan kemmapuan belajar Al-Quran tersebut sebagai bekal untuk kelangsungan hidup dan mempertahankan nilai-nilai Agama Islam di masa mendatang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana usaha guru AlQuran Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung?. 2) Bagaimana usaha guru Al-Quran Hadits dalam meningkatkan kemampuan menulis Al-Quran siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung?. 3) Bagaimana usaha guru Al-Quran Hadits dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana usaha guru Al-Quran Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. 2) Untuk mengetahui bagaimana usaha guru Al-Quran Hadis dalam meningkatkan kemampuan belajar menulis Al-Quran siswa di MTs AL-Huda Bandung Tulungagung. 3) Untuk mengetahui bagaimana usaha guru Al-Quran Hadits dalam meningkatkan kemampuan menghafal AlQuran siswa di MTs AL-Huda Bandung Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian adalah 1) untuk meningkatan kemampuan membaca Al-quran, usaha yang dilakukan adalah dengan cara membiasakan membaca AlQuran bersama-sama diawal pelajaran. pada saat mengajar, guru Al-Quran Hadits juga sering meminta siswa nya membaca ayat Al-Quran yang menjadi materi saat itu. Selain itu setiap hari sabtu, ada guru mengaji yang didatangkan dari luar agar siswa tidak merasa bosan. Dengan begitu siswa yang kurang lancar dalam membaca Al-Quran sedikit demi sedikit akan lancar. 2) Untuk meningkatkan kemampuan menulis Al-Quran, disela-sela pelajaran guru juga sering menuliskan ayat-ayat AlQuran atau hadits di papan tulis dan meminta siswa nya untuk menulis kembali ayat tersebut pada bukunya. Selain itu guru juga terus memotivasi siswa nya agar terus memperbaiki tulisannya bagi siswa yang kurang baik tulisannya. 3) Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan belajar menghafal Al-Quran, di awal pertemuan guru Al-Quran Hadits mempunyai program untuk menghafal surat Al-Fatihah beserta artinya. Kemudian setelah hafal surat Al-Fatihah beserta artinya, disetiap akhir bab guru meminta siswa nya untuk menghafal surat yang terdapat pada bab yang sudah dipelajari tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143035 AINA MAGHFIROH |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 01:32 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 01:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14008 |
Actions (login required)
View Item |